Ekonomi Singapura mulai rebound dengan pertumbuhan 0,2 persen di kuartal pertama 2021.
Ekonomi Singapura mulai rebound dengan pertumbuhan 0,2 persen di kuartal pertama 2021.

Keprisatu.com – Perekonomian Singapura mulai rebound (naik kembali). Negeri Singa itu berhasil tumbuh positif pada kuartal I 2021.

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura mencatat laju ekonomi 0,2 persen (year-on-year) pada periode Januari-Maret 2021 atau berbanding terbalik dari kuartal I 2020 yang minus 0,7 persen.

Ekonomi Singapura rebound itu terbilang mengejutkan. Sebelumnya survei Reuters menaksir pertumbuhan ekonomi masih minus 0,2 persen pada tiga bulan pertama tahun ini. Namun berdasarkan data yang yang mereka laporkan pada Selasa (13/4), secara kuartalan, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Singapura tumbuh 2 persen.

Melansir CNN yang mengutip Reuters, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menilai laju positif pada kuartal I 2021 berkat aktivitas manufaktur yang kuat.

Saat ini, Singapura tengah berupaya pulih dari resesi terburuknya yang terjadi tahun lalu karena pandemi. Salah satunya dengan mengendalikan penyebaran lokal covid-19 dan menggelar vaksinasi.

Namun demikian, analis menilai kunci pertumbuhan ekonomi Singapura bergantung pada permintaan eksternal dan pembukaan kembali perbatasan internasional. (ks04)

BACA BERITA LAIN:

Corona Meledak Lagi di Kepri, Dua Kota Zona Oranye

Oknum Dokter Cabuli Pasien Wanitanya

Prof Nasaruddin Umar: Begini Sisi Moderat Muslim Sejati

Varian Baru Corona dari Inggris Terdeteksi di Batam

Lik Khai Nilai Berlebihan jika Rudi Minta Sekdaprov

Mundur, Pembukaan Travel Bubble Kepri-Singapura

Sikap Singapura Berubah terhadap Perawat yang Pakai Hijab

WNA Sudah Vaksin, Boleh Masuk Singapura