Omicron menular sangat cepat, untungnya gejalanya ringan.
Menkes, Budi Gunadi Sadikin

Keprisatu.com – Varian Omicron yang masuk ke Indonesia penularannya sangat cepat. Namun untungnya gejalanya lebih ringan. Karakteristik ini dikemukakan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

“Ciri-ciri dari varian ini adalah peningkatan jumlah kasusnya akan sangat cepat, akan sangat banyak, namun baiknya relatif lebih ringan. Data penelitian menunjukkan 30-40 persen lebih ringan untuk pasien yang masuk rumah sakit,” ungkap Menkes Budi, Rabu (12/1/2022) saat memberikan keterangan secara virtual.

Selain itu, sebagai upaya dalam menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19 akibat varian Omicon, Budi membeberkan beberapa strategi yang sudah dipersiapkan pemerintah.

“Menanggulanginya sama seperti menanggulangi varian SARS-CoV-2 lainnya. Nomor satu paling penting, yakni taat protokol kesehatan terutama pakai masker,” tambahnya.

Menkes Budi kemudian menyebutkan, saat ini strategi pemerintah dalam menanggulangi pasien yang terinfeksi telah berubah, yakni dengan fokus pada perawatan di rumah. Jika seseorang terinfeksi, akan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Strategi perawatan di rumah ini nantinya akan dibantu oleh pihak pemerintah pusat dan daerah dengan bantuan layanan telemedicine.

“Jika ada banyak rakyat yang terinfeksi Covid-19 nantinya bisa sembuh dengan sendiri di rumah,” harap Menkes Budi.

Strategi ketiga yang dipersiapkan pemerintah, yakni percepatan vaksinasi, terutama pada kelompok rentan atau lansia. Karena menurut Menkes Budi kelompok tersebut mereka segmen paling lemah masuk rumah sakit. (KS04).