Api obor telah diterima oleh Bupati Bintan, Roby Kurniawan yang diserahkan oleh Ketua LAM Kab. Bintan/Ist

 

Bintan, Keprisatu.com – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri semakin dekat. Api obor telah diterima oleh Bupati Bintan yang diserahkan oleh ketua LAM Kab.Bintan dan akan diarak di seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di Provinsi Kepri.

Sebelumnya api obor ini diarak berkeliling diadakan serimonial pelepasan di Istana kota Kara- Bintan Berkapur, Setidaknya tujuh kecamatan dilewati api obor sebelum sampai dan disimpan di kantor Bupati Bintan.

Mulai dari Kecamatan Sei Kuala Lobam, terminal simpang Lagoi Teluk Sebong, Tugu Tani Kecamatan Toapaya,Comunity Centre Kecamatan Gunung Kijang, Gedung LAM Bintan, Kecamatan Bintan Timur dan berakhir di Kantor Bupati Bintan di Buyu.

Terlihat ribuan warga Bintan ikut mengawal kedatangan api Porprov V Kepri 2022 Bintan, disepanjang jalan terlihat pelajar SD, SMP dan SMA berderet di setiap kecamatan yang lewatinya.

Tidak hanya itu, mulai dari Kecamatan yang dilewati hingga kantor Bupati Bintan juga terlihat masyarakat yang melambaikan tangan, tanda menyambut api obor itu.

Bupati Bintan mengatakan Kabupaten Bintan telah siap 100 persen menjadi tuan rumah Porprov Kepri. Menurutnya, semua venue di kabupaten Bintan telah siap untuk digunakan sebagai arena pertandingan para atlet terbaik dari seluruh kabupaten dan kota se-Kepri, kecuali cabang olahraga atletik di Dompak Tanjung Pinang.

“Dengan diterimanya obor api ini kami nyatakan kesiapan kita sudah 100 persen menggelar Porprov,” yang nantinya akan di nyalakan diacara pembukaan porprov di Stadion megat alam perkasa, Tanjung Uban. “Kata Roby Bupati Bintan, senin (31/10-2022).

Usep RS ketua KONI Kepri menyampaikan, bahwa pelaksanaan Porprov Kepri V 2022 tentu momentum kebangkitan bagi Kabupaten Bintan di bidang olahraga di samping untuk sport tourism, karena akan hadir di kabupaten Bintan kurang lebih 4.200 atlet, official, pengprov cabang olahraga, dan panitia besar Porprov, harapan atlet yang bertanding akan mengharumkan kepri di Porwil 2023 dan PON 2024 Aceh-Sumut.

Dalam Porprov ini di pertandingkan 35 cabang olahraga, 374 nomor pertandingan, terbagi di tiga klaster di kabupaten Bintan, mudah – mudahan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat Bintan, karena UKM bisa menyajikan kuliner, oleh-oleh dan berbagai hasil kerajinan, “ujar Usep.

Ketua Panitia Besar Porprov Dadang, menyampaikan persiapan sudah siap karena dari Minggu, (30/10-2022) sudah dilaksanakan TM cabor Sepeda Sport, Futsal dan hari ini sudah bertanding dan besok 1/11-2022 TM Billiar sampai pembukaan sudah ada yang dipertandingkan, sedangkan pembukan dilaksanakan hari minggu, 6 oktober 2022 di stadion megat alam perkasa, Tanjung Uban.

KS1O