Angin Puting Beliung
Tangkapan layar rekaman terjadinya waterspout oleh warga. Sabtu (5/6/2021).

Keprisatu.com – Fenomena angin puting beliung terlihat di langit Kabupaten Karimun, Sabtu (5/6/2021) kemarin. Pemandangan itu muncul di perairan Karimun atau sekitar laut depan Coatal Area.

Fenomena alam itu terekam kamera amatir warga yang sedang berada di Pelabuhan Domestik Karimun. Angin puting beliung berukuran cukup besar itu turun disertai hujan lebat.

Video terjadinya fenomena alam pada Sabtu siang itu bahkan dengan cepat tersebar di media sosial.

“Ukurannya cukup besar, munculnya pas di depan Coastal Area,” kata seorang warga Anto di Pelabuhan Karimun, Sabtu (5/6/2021) kemarin.

Fenomena angin puting beliung memang kerap terjadi di Karimun. Bukan hanya di laut, fenomena itu juga sering terjadi di daratan Karimun, bahkan hingga merusak sejumlah rumah- rumah milik warga beberapa waktu lalu.

Menurut Prakirawan cuaca dari Stasiun Meteorologi Kelas II Tanjungbalai Karimun Tito Praditaputra, fenomena angin puting beliung di laut itu di sebut waterspout.

“Waterspout ini adalah fenomena pusaran angin yang terjadi di daerah lautan, apabila terjadi di daratan biasanya kita melihat puting beliung, sedangkan di lautan akan menjadi waterspout,” jelas Tito ketika dikonfirmasi, Sabtu (5/6/2021) kemarin.

Ia menjelaskan, waterspout terjadi karena adanya pertemuan antara dua angin yang memiliki kecepatan tinggi damun dalam arah yang berlawanan di dalam awan Cumulonimbus dan kemudian membentuk pusaran angin.

“Kita imbau warga agar dapat menjauhi daerag tempat terjadinya waterspout ifu. Karena sekitar area waterspout itu anginnya cukup kencang,” katanya.

(Ks12)

Baca juga :

Pemprov Kepri Jamin Ketersediaan Vaksin di Karimun