Vaksinasi Anak
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim. (Dok Humas)

Keprisatu.com – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia pelajar di Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Penggunaan vaksin bertujuan untuk mengurangi dampak buruk dari infeksi virus yang terjadi. Hal ini dapat terjadi karena sistem tubuh sudah mengenali virus terlebih dahulu sehingga respons tubuh terhadap infeksi virus akan lebih cepat.

“Orang tua seharusnya dapat mengerti bahwa vaksinasi itu penting untuk anaknya guna meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini,” kata Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Ia menyebutkan, pentingnya vaksinasi bagi anak juga disebabkan, saat ini untuk dapat melakukan pembelajaran tatap muka, siswa harus telah di vaksin.

“Ini syarat utama untuk di mulainya PTM. Sehingga, apabila tidak di vaksin, maka anak tidak dapat masuk sekolah,” katanya.

Anwar mengatakan, sebagai langkah mendorong percepatan vaksin untuk anak, pihaknya gencar melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada orang tua akan pentingnya vaksinasi.

“Mudah-mudahan upaya kita seperti pendekatan dan sosialisasi tentang vaksinasi ini, bisa membuat orang tua siswa sadar pentingnya vaksinasi untuk anak mereka” tambahnya.

Banyak Orang Tua Tidak Izinkan Anaknya di Vaksin

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, banyak pelajar di Kabupaten Karimun yang tidak mendapatkan izin dari orang tua untuk.mengikuti vaksinasi.

Bahkan, bukan hanya di Karimun, rata- rata daerah di Indonesia juga memiliki permasalahan yang sama.

Keraguan tersebut dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah orang tua siswa termakan informasi palsu atau hoax tentang bahaya vaksinasi.

“Saya mengimbau orang tua siswa untuk dapat mengizinkan anaknya mengikuti vaksinasi Covid-19 yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah saat ini,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Karimun, ada ratusan siswa di Kabupaten Karimun yang tidak mendapatkan izin dari orang tuanya untuk mengikuti vaksinasi.

Jumlahnya, ada sekitar 156 orang anak yang tidak mendapatkan izin vaksinasi yang telah dilaksanakan di sekolah- sekolah wilayah Karimun.

(Ks12)

Baca juga ;

Peta Sebaran Covid-19 di Karimun, Kecamatan Meral Tertinggi

Karimun Dapat Bantuan 2 Unit Bus Dari Kemendes