Beranda Batam Unit Usaha Rumah Zakat BUMMas Batik Cindur Ikuti Gebyar Kurasi UMKM Kepri...

Unit Usaha Rumah Zakat BUMMas Batik Cindur Ikuti Gebyar Kurasi UMKM Kepri 2022

Tim kurator UMKM Kepri tengah melakukan penilaian batik

Keprisatu.com – Gebyar Kurasi UMKM Kepulauan Riau tahun 2022 sukses digelar. Salah satu pesertanya adalah Batik Cindur.  Batik Cindur yang merupakan unit usaha BUMMas Sinar Bulan Tanjung Piayu Seibeduk Kota Batam, mengikuti Gebyar Kurasi UMKM Kepulauan Riau tahun 2022.

Mereka mengikuti kegiatan ini demi  meningkatkan mutu serta kualitas dari produk batik, Batik Cindur yang merupakan unit usaha BUMMas Sinar Bulan Tanjung Piayu, Kecamatan Seibeduk Kota Batam.

Salah satu proses produksi Batik Cindur

Kegiatan ini, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) bulan Maret tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Riau.

Batik Cindur menjadi salah satu dari 169 UMKM yang lolos seleksi untuk mengikuti wawancara dengan para kurator pada 11 Februari 2022 lalu bertempat di Hotel Harris Batam Centre.

Sri Ekowati menjadi perwakilan dari Batik Cindur saat tahap wawancara dengan para kurator. Adapun masukan dari para kurator di antaranya harus mulai menggenjot produksi karena semakin banyak pemesan setelah Batik Cindur tampil di publik.

Lalu menambah variasi motif dengan tidak meninggalkan motif khas Kepri, dan mengembangkan pewarna alami sebagai motivasi utama Batik Cindur.

Setelah melalui proses penilaian, Batik Cindur mendapat nilai sebesar 62 kategori lolos dengan perbaikan. Batik Cindur diberi kesempatan untuk memperbaiki produk sesuai dengan catatan para kurator. Batik Cindur berhak mengikuti tahap kurasi selanjutnya dan mengikuti pelatihan digital marketing.

“Alhamdulillah bersaing dengan ratusan UMKM di kurasi ini Batik Cindur dapat memperoleh hasil yang baik. Kami juga berterima kasih kepada Rumah Zakat sudah mendampingi Batik Cindur dengan memberikan modal usaha,” jelas Sri Ekowati.

“Mudah-mudahan kami semakin semangat memperbaiki kualitas dan juga kuantitas,” ucap Sri Ekowati. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto