Foto ilustrasi.

Keprisatu.com – Sudah ada tiga calon kepala daerah yang meninggal di tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

Data tiga calon yang meninggal ini dilansir laman medcom.id dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Salah satunya calon Bupati Bangka Tengah, Ibnu Soleh.

“Almarhum Ibnu Soleh, calon Bupati Bangka Tengah meninggal dunia,” kata Komisioner KPU, Evi Novida Ginting dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/10/2020).

Ibnu diketahui meninggal setelah terinfeksi virus korona (Covid-19). Almarhum dinyatakan meninggal usai menjalani perawatan di RS Bhakti Timah, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Calon kepala daerah lain yang dinyatakan meninggal adalah calon Bupati Berau, Muharram. Dia dinyatakan terjangkit virus korona pada 9 September 2020.

Muharram kemudian menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan (RSPB) selama 13 hari. Pasangan Gamalis di Pemilihan Bupati Berau itu tutup usia pada 22 September 2020. Dia mengalami gagal pernapasan.

Kemudian Adi Darma. Pasangan Basri Rase di Pemilihan Wali Kota Bontang itu tutup usia pada 1 Oktober 2020.

Adi sempat menjalani perawatan di RSUD Taman Husada sebelum wafat. Dia juga tidak mengikuti acara pengundian nomor urut karena sudah dinyatakan covid-19 sejak 24 September 2020. (ks 04)