Kompol Andri Kurniawan, Kasat reskrim Polresta Barelang saat ekspos kasus curanmor

Keprisatu.com – Angka pencurian kendaraan roda dua (sepeda motor) belakangan jumlahnya melonjak. Puluhan motor curian dilaporkan hilang.

Namun, aksi polisi untuk terus mengungkap kasus tersebut juga ternyata membawa hasil. Dengan semangat yang tak kendor, polisi berhasil menelidiki. Bahkan mereka berhasil mengamankan setidaknya puluhan motor hasil curian dari para pelaku.

DIungkapkan  Satreskrim Polresta Barelang , puluhan kasus curanmor terjadi di wilayah hukum Polsek Sagulung.

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan yang didampingi Kapolsek Sagulung AKP Yusriadi Yusuf dan Kasubbag Humas Polresta Barelang AKP Betty Novia mengungkapkan, “Hasil pengungkapan, kita berhasil menangkap 3 orang tersangka yakni Sadam Silvester, Ari Panjaitan alias Acil dan Hari Susanto”.

 

Dalam konferensi pers yang berlangsung di Mapolresta Barelang, Jumat (16/10/20) Andri menambahkan ketiga tersangka ini ditangkap dengan dasar penangkapan Laporan Polisi : LP – B / 548/ X / 2020 / SEK – SGL, Tanggal 01 Oktober 2020 dan LP – B / 312 / IX / 2020 / SEK- BATU AJI , Tanggal 03 September 2020.

Barang bukti puluhan sepeda motor yang diamankan yakni terdiri dari 10 unit sepeda motor Honda Beat, 3 unit sepeda motor Mio Sporty, 1 unit sepeda motor Suzuki Nex, 3 unit sepeda motor Kawasaki Ninja, 7 unit sepeda motor Satria Fu, 2 unit sepeda Motor Scoopy, 3 unit sepeda motor Vario, 1 unit sepeda motor Vega R, 1 unit sepeda motor Vixion, 1 unit sepeda motor Bison, 1 unit sepeda motor Jupiter Max, 1 unit sepeda motor Shogun dan 2 unit Smsepeda motor Smash.

“Alat yang digunakan yakni 1 unit kunci 8 goyang dan 1 buah mata kunci besi yang sudah diruncingkan,” ungkapnya.

Andri mengungkapkan  kronologis kejadian ini yakni pada Rabu (30/9/20) sekira pukul 05.27 WIB, pada saat salah seorang korban sedang tidur di Hotel S Kostel Kawasan Center Park Kecamatan Sagulung Kota Batam.

Kemudian korban yang juga pelapor ini dibangunkan oleh temannya yang mengatakan bahwa sepeda motor milik pelapor yang di parkirkan di parkiran Hotel tersebut sudah tidak ada lagi.

“Mendengar hal tersebut kemudian pelapor langsung menuju keparkiran dan pelapor melihat 1 unit sepeda motor Merk Kawasaki Ninja SS Warna Merah, BP 6653 FH, No Kendaraan MH4KR15NCKP19159 dan Nomor Mesin KR150LEP93944 Milik pelapor tersebut yang sebelumnya di parkirkan di parkiran Hotel tersebut sudah tidak ada lagi,” katanya.

Atas kejadian tersebut, pelapor mengalami kerugian sekitar RP. 25.000.000.

Menindaklanjuti adanya Laporan Polisi tersebut diatas, kemudian Unit Reskrim Polsek Sagulung melakukan serangkaian penyelidikan melalui rekaman CCTV yang ada di Hotel tersebut.

Pada Sabtu (3/10/20) sekira Pukul 17.00 WIB, Unit Opsnal Polsek Sagulung yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Sagulung Iptu Rifi Hamdani Sitohang mendapat informasi bahwa yang menjadi pelaku dari curanmor tersebut yang diketahui bernama Sadam Silvester berada di sebuah Kos Kosan yang berada di Bengkong Harapan II Kecamatan Bengkong Kota Batam.

“Selanjutnya, Tim Opsnal berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku tersebut dan dari tangan pelaku tersebut diamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor milik korban, 1 unit kunci 8 goyang dan 1 buah mata besi yang sudah diruncingkan,” bebernya.

Kemudian Pelaku beserta barang bukti di bawa ke Polsek Sagulung guna pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya, setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku Sadam Silvester tersebut didapat keterangan bahwa pelaku Sadam Silverster melakukan pencurian sepeda motor milik korban di lakukan bersama 2 orang teman pelaku.

“Kemudian setelah di lakukan pengembangan sekira pukul 18.00 WIB, Opsnal Reskrim Polsek Sagulung yang di Pimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Sagulung Iptu Rifi Hamdani Sitohang berhasil menangkap pelaku Ari Panjaitan Alias Acil dan Hari Susanto Di Bengkong Palapa Kecamatan Bengkong Kota Batam,” kata Andri.

Kemudian para pelaku tersebut dibawa ke Polsek Sagulung guna pemeriksaan lebih lanjut. Dimana anggota Unit Reskrim Polsek Sagulung berhasil mengamankan barang bukti berupa puluhan sepeda motor dan selanjutnya barang bukti tersebut dibawa ke Polsek Sagulung guna diproses lebih lanjut.

“Pasal yang dilanggar Adalah Pasal 363 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolresta Barelang Polda Kepri AKBP Yos Guntur Yudi membenarkan Opsnal Reskrim Polsek Sagulung telah melakukan penangkapan atas Perkara Tindak Pidana Pencurian (Curanmor) dan membenarkan saat ini sudah ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Sagulung.

Kapolresta menghimbau kepada masyarakat Kota Batam apabila merasa kehilangan sepeda motor agar segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sagulung.

“Kita ada mengamankan puluhan kendaraan roda dua hasil curian, bagi masyarakat yang merasa kehilangan bisa menghubungi Polsek Sagulung,” ujarnya melalui Kasubaghumas AKP Betty Novia. (ks14)