Bawaslu Batam saat dikunjungi Pjs Wako Batam, Syamsul Bahrum. Bawaslu mulai mengambil tindakan atas banyaknya spanduk yang terpasang liar

Keprisatu.com – Sejak resmi digelar kampanye bagi para pasangan calon (paslon) baik gubernur maupun walikota-bupati di Kepri, para paslon mulai beraksi.

Mulai dari melakukan sosialisasi tatap muka langsung, maupun dengan alat peraga berupa spanduk dan juga balehi.

Sayangnya, tidak sedikit dari para paslon yang spanduk atau balihonya terpasang secara liar alias tidak pada tempatnya.

Sebagai “wasit”,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, tidak pernah lena terhadap fenomena ini.

Bersama Tim Terpadu, TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait, Jumat (9/10/2020) pagi menertibkan spanduk-spanduk liar bergambar Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Walikota dan Wakil Walikota Batam.

Penertiban dimulai dari wilayah Batam Kota, menuju Bengkong, Batuampar, Jodoh-Nagoya, Sekupang, Batuaji dan semua wilayah Batam.

“Kita mulai hari ini sampai 11 Oktober 2020. Spanduk yang dipasang pada  tempatnya kita turunkan,” ungkap Nopialdi, Anggota Bawaslu Kota Batam .

Aldi, sapaannya, menyebutkan bahwa penertiban ini sengaja dilakuan karena memang sudah menjadi tugas rutin serta program dari Bawaslu Batam untuk menertibkan spanduk atau baliho yang tidak dipasang pada tempatnya (resmi).

“KPU Batam telah mengeluarkan titik-titik yang boleh dipasang alat peraga oleh para paslon, kita turunkan semua spanduk atau baliho yang dipasang secara liar,” kata Aldi menambahkan.

Namun Aldi mengaku belum mendapatkan data kumulatif berapa spanduk atau baliho paslon yang sudah mereka tertibkan , karena sampai siang ini, mereka masih melakukan penertiban dan akan dilanjutkan usai salat Jumat (8/10/2020).

Dengan adanya penertiban ini juga diharapkan masing masing paslon bisa berkompetisi secara sehat.

Hal ini juga diharapkan oleh Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum saat berkunjung ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam di Batam Kota, Rabu (29/9/2020).

Ketua Bawaslu Kota Batam Syailendra Reza bersama komisioner Bawaslu lainnya Mangihut Rajagukguk,kordinator Divisi Hukum,Humas,Datin,dan Bosar Hasibuan Divisi Penanganan Pelanggaran dan Emy Rachamyani Divisi Sengketa menerima langsung kunjungan tersebut.

“Kita semua berharap Pilkada di Batam berjalan dengan baik,” ucap Syamsul. (tedjo)