Salah satu rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Keprisatu.com – Puluhan rumah di Jl. Batu Lipai, Kelurahan Wonosari, dan Kampung Bukit Atas, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, diterjang angin puting beliung, Selasa (10/11) dinihari. Kejadian ini mengakibatkan sejumlah rumah mengalami rusak ringan hingga berat.

Angin kencang disertai hujan itu terjadi sekira pukul 03.00 Wib. Koordinator Tagana Kabupaten Karimun, Dedi Risdianto, mengatakan setidaknya 30 bangunan terdampak bencana angin puting beliung itu, berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan timnya.

“Data kita, ada sekitar 30 bangunan, terdiri dari rumah warga dan beberapa kios serta gudang kosong,” kata Dedi, Selasa pagi.

Dedi mengatakan, saat ini pihaknya bersama kepolisian, TNI, pemuda tempatan dan masyarakat terus melakukan pendataan dan membantu proses evakuasi puing-puing rumah yang diterjang angin. “Untuk korban jiwa, sejauh ini nihil. Kita masih melakukan update. Daerah terparah itu di RT 4 RW 1,” katanya.

Selain kerusakan sejumlah rumah dan kios, kejadian angin puting beliung ini juga mengakibatkan padamnya listrik di Kecamatan Meral. Hal itu terjadi akibat adanya sejumlah kabel jaringan PLN yang mengalami kerusakan.

“Iya, jaringan listrik di Meral mati sementara. Ada sejumlah jaringan kita yang terdampak,” kata Manager PLN Tanjungbalai Karimun, Djaswir.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan dan diperkirakan akan selesai pada Selasa siang. “Sekarang masih progres perbaikan. Siang ini mudah-mudahan sudah kembali normal,” katanya.(ks12)

Editor : Aini