Positif Covid
Ilustrasi

Keprisatu.com – Tim Gugus Tugas mencatat terjadi penambahan kasus tertinggi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun. Sebanyak 52 orang terkonfirmasi dalam satu hari.

“Iya hari ini ada penambahan sebanyak 52 kasus terkonfirmasi positif,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun, Rachmadi, Ahad (2/5/2021).

Ia mengatakan, penambahan kasus baru itu menjadikan angka komulatif pasien positif aktif di Kabupaten Karimun sebanyak 115 orang.

Pasien Covid-19 itu, menurut Rachmadi, merupakan hasil traking oleh Satgas Covid-19 dari kontak erat pasien Covid-19 sebelumnya.

“Hasil traking kita beberapa hari ini, termasuk bapak Bupati Karimun dan keluarganya,” katanya.

Ia menyebutkan, dari 52 orang terkonfirmasi positif, terdapat 1 pasien positif yang meninggal dunia setelah terpapar Covid-19.

“Hari ini ada juga penambahan 1 pasien positif yang meninggal dunia,” katanya.

Rachmadi menjelaskan, penambahan pasien baru Covid-19 ini terdiri dari 46 orang kontak erat pasien positif dan 6 orang konfirmasi tanpa ada riwayat perjalanan.

“Saat ini kita masih lakukan penanganan, karena melihat jumlahnya tidak dapat ditampung seluruhnya, mungkin akan ada beberapa yang isolasi mandiri,” katanya.

Rachmadi terus mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan dan sama- sama mencegah terjadinya penyebaran luas Covid-19. Ia meminta, masyarakat sementara waktu untuk menghindari kerumunan, dan selalu menjaga jaral.

“Sekali lagi saya tekankan, mari kita bersama- sama menjaga kesehatan. Selalu gunakan masker, hindari kerumunan dan menjaga jarak,” katanya.

“Mari kita sama- sama menjaga agar tidak ada penyebaran lebih luas lagi. Apabila ada menemukan gejala Covid-19, langsung lakukan pemeriksaan, sehingga pencegahan bukan hanya dari kita, melainkan juga masyarakat,” kata Rachmadi.

Karimus Status Oranye

Berdasarkan data Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun, saat ini jumlah pasien positif di Kabupaten Karimun secara komulatif sebanyak 557 pasien dengan rincian 115 positif aktif dan sedang menjalani perawatan, 23 pasien meninggal dunia, dan 428 telah sembuh.

Melonjaknya kasus Covid-19 ini menjadikan Kabupaten Karimun berstatus zona Oranye (risiko sedang) Covid-19. Peningkatan status itu, setelah kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari belakangan. (ks12)