Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin saat sidak di Pasar Botania, Batam Centre, Selasa (3/11/2020). (Foto: Humas Pemprov)

Keprisatu.com – Pjs Gubernur Kepri (Gubkepri), Bahtiar Baharuddin turun langsung memimpin inspeksi mendadak (sidak) penanganan Covid-19 di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Bahtiar sidak ke pasar-pasar dan kawasan industri yang ada di Batam. Selasa (3/11/2020), sidak dilakukan ke pasar Botania 1, Batam Centre dan PT Infineon, yang berada di kawasan industri Batamindo, Mukakuning Batam.

“Pasar-pasar, tempat-tempat sarana pelayanan publik, perusahaan, swalayan, mal, dan tempat-tempat umum keramaian menjadi tujuan sidak saya,” jelas Bahtiar.

Bahtiar tiba di Pasar Botania sekitar pukul 14.00 WIB didampingi Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mohammad Bisri, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri Budiharto, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kepri Tjetjep Djudiana, Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, Plh Asisten I Kepri Sardison, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi, Kepala Biro Umum Kepri Martin Maromon, Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung Zulkifli, dan FKPD Kepri.

Di lokasi pasar Botania, Bahtiar langsung berjalan menyisiri pasar sembari memperhatikan pemakaian masker pada pengunjung pasar maupun pedagang. Beberapa kali Bahtiar singgah ke lapak-lapak pedagang sambil mengingatkan untuk tidak melepas masker saat melayani pembeli.

Para pengunjung pasar dan pembeli pun diingatkan Bahtiar. Bahkan menyetop pengunjung yang sedang mengendarai motor, mengganti masker yang dikenakan dengan masker kain baru tiga lapis sembari mengingatkan kegunaan masker.

“Saya sengaja berkunjung dengan rombongan lengkap beserta kepala dinas dan FKPD dengan tujuan memastikan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir untuk mereka dalam menangani penyebaran Covid-19. Maka itu mari kita sama-sama patuhi protokol kesehatan di pasar dengan disiplin tinggi,” ajak Bahtiar.

Tidak itu saja, Bahtiar menyebutkan hingga saat ini pemerintah terus melakukan pencegahan dengan berbagai cara, termasuk mengedukasi masyarakat.

Namun, bila pendekatan persuasif masih tidak diindahkan masyarakat, Bahtiar berjanji akan menerapkan penegakkan hukum. Termasuk menutup tempat usaha. Sebelum hal itu dilakukan, masyarakat diajak untuk menumbuhkan kesadaran sendiri dengan mewajibkan memakai masker ke mana saja.

“Kita sama-sama ingin roda perekonomian kembali bergerak. Untuk itu mari sama-sama mematuhi protokol kesehatan supaya pergerakan ekonomi tidak menimbulkan ledakan kasus Covid-19 yang baru,” tambahnya.

Usai meninjau pasar, Bahtiar dan rombongan langsung meninjau PT Infineon di kawasan industri Batamindo, Mukakuning, Batam.

Bahtiar berkeliling melihat langsung aktivitas pekerja dalam masa Covid-19. Di ruangan mesin yang dikunjunhi, pekerja sudah mengenakan pakaian pelindung mirip pakaian hazmat.

Selain itu, ruang kantin sudah disusun meja dan kursi dengan jarak 1 meter dan tiap meja disekat.

Pekerja yang masuk perusahaan langsung di-scan dengan pengukur suhu yang terhubung ke komputer.

Bahtiar memuji usaha pencegahan Covid-19 yang telah dilakukan PT Infineon yang ketat dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. (ks04)

editor: arham