Ilustrasi APD.

Keprisatu.com – Ombusman Perwakilan Provinsi Kepri melakukan peninjauan ke Kantor KPU Kota Batam di Sekupang, beberapa waktu lalu. Dari peninjauan tersebut, Ombusman menilai pendistribusian APD untuk penerapan protokol kesehatan saat Pilkada semrawut.

“Pelaksanaan Pilkada sebentar lagi, sementara perlengkapan APD di Kepri masih semrawut. Ini sangat mengkhawatirkan, khususnya Batam. Demikian juga kota atau kabupaten lain,” kata Lagat parroha Patar Siadar, Jumat (4/11).

Menurut Lagat, saat peninjauan yang dilakukannya pada 26-27 Desember lalu, APD yang tersedia di KPU Batam hanya masker dan hazmat (pakaian khusus Covid). “Yang kami lihat sekitar 6.857 box masker, 2.177 set baju hazmat, sudah datang di gudang KPU Sekupang pada tanggal 20 November lalu. Dan itu menurut pengakuan KPU Batam,” ujarnya.

Kata Lagat, dari penuturan KPU Batam, perlengkapan protokol kesehatan lainnya seperti alat pengecek suhu tubuh dan hansanitezer masih menunggu kedatangan dari pusat. Oleh karena itu Ombudsman Kepri meminta KPU RI merealisasikan kebijakan terkait jaminan PIlka bebas dari claster Covid 2019.

“Batam saja yang transportasinya mudah, mengkhawatirkan. Bagaimana dengan daerah lainnya, seperti di Kepulauan Anambas, Natuna mapun Lingga,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Kepri, Widiyanto Agung Sulistiyo, mengaku bahwa pendistribusian APD sudah selesai dilakukan. “Alhamdulillah sudah tuntas. Kemarin per tanggal 3 Desember sudah datang semuanya, dan itupun saya jemput dan bawa sendiri dari Jakarta,” kata Agung.

Kata dia, Ombusman Kepri mengecek kelengkapan APD untuk peserta Pilkada tanggal 28 hingga 30 November kemarin. Tentunya pada saat itu belum tuntas, karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi

“Ada 2 barang APD yang gagal diselesaikan KPU RI, yakni thermo gun dan sarung tangan latex. Maka tanggal 1 Desember 2020, KPU RI menyerahkan pengadaan 2 barang tersebut ke kabupaten/kota. Untuk itu, KPU se-Kepri beli dan ambil sendiri ke pihak penyedia, sehingga sekarang untuk APD sudah tuntas,” paparnya.

Menambahkan, Ketua KPU Batam, Herrigen Agusti, mengatakan untuk perlengkapan APD di PPK, PPS dan KPPS sudah tersedia. Bahkan APD sudah didistribusikan ke PPK di seluruh kecamatan.

“PPK juga sudah distribusikan ke PPS di seluruh kelurahan. Untuk selanjutnya ke KPPS atau TPS,” ucapnya.

Selain itu, sambungnya, juga dilakukan pendistribusian APD ke PPK, sepereti handsanitizer, masker dan sarung tangan serta alat pengecek suhu tubuh. “Untuk APD sudah lengkap,” ujarnya.(ks10)

Editor : Aini