Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

Keprisatu.com – Pemerintah Kota Batam mengimbau kepada pelaku pariwisata agar menjaga lingkungan masing-masing. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, kebersihan harus diprioritaskan, agar para wisata bisa merasa aman dan nyaman saat berkunjung.

“Semua aspek harus kita lihat, kebersihan, kesehatan lingkungannya hingga ramah tamah kepada wisatawan,” kata Jefridin, Sekda Kota Batam, di Nongsa, Sabtu (17/10).

Jefridin menjelaskan, meskipun tanggal 26 Oktober 2020 mendatang Singapura sudah dibuka hanya kalangan bisnis, diplomat atau perjalanan dinas, tapi ia yakin kunjungan wisatawan juga akan dibuka kembali. Menurutnya, sebelum dibuka, ada baiknya mulai dari sekarang pelaku pariwisata berbenah. Pemilik tempat wisata dapat membuat tempatnya sebagus dan senyaman mungkin.

Jefridin juga mengatakan jika pariwisata kembali hidup, hal tersebut diyakini akan dapat mendorong sektor ekonomi masyarakat, mulai dari hotel, restoran dan juga transportasi yang akan kembali bergairah. “Pemko Batam akan siap membantu infrastruktur jalan menuju kawasan pariwisata seperti ini. Silahkan koordinasi dengan lurah untuk dimasukkan ke musrenbang,” katanya.

Selain itu, Jefridin kembali mengingatkan agar seluruh elemen mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker, jaga jarak, menjauhi keramaian dan juga mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. “Protokol kesehatan harus diterapkan terlebih lagi saat ke luar rumah,” ujarnya.(ks10)