Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko.

Keprisatu.com – Ratusan ribu surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 diprediksi akan tiba di Kabupaten Karimun pekan depan. Saat ini, surat suara itu masih dalam perjalanan dari Surabaya ke Tanjungpinang untuk selanjutnya dikirimkan ke Karimun.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, mengatakan surat suara untuk Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Bupati dan Wakil Bupati Karimun diprediksi akan segera tiba di Karimun.

“Surat suara untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Karimun kami perkirakan minggu depan sudah sampai di Karimun. Surat suara dikirim dari percetakannya di Surabaya dikirim ke Tanjungpinang kemudian baru disebar ke berbagai daerah di Kepri termasuk ke Karimun,” kata Eko Purwandoko, Jumat (13/11).

Ia mengatakan, adapun surat suara untuk Kabupaten Karimun yang akan dikirimkan ialah sebanyak 350 ribu lembar yang akan disimpan dalam 87 box. Di Karimun surat suara tersebut akan disimpan di gudang KPU Karimun di ruko empat pintu di perumahan Bella Vista, jalan Poros samping RSUD Karimun.

Begitu tiba di Karimun nanti, Eko mengatakan pihaknya akan langsung melakukan penyortiran untuk mengetahui ada atau tidaknya surat suara yang cacat seperti robek atau kurang jelas. “Untuk menyortir surat suara yang baru tiba dari KPU Kepri di Tanjungpinang itu, kita telah menyiapkan petugasnya dari masyarakat,” katanya.

Eko mengatakan, saat ini pihaknya masih terus memantai pergerakan surat suara tersebut. Surat suara tersebut menurutnya dikirimkan dari jalur darat dari Surabaya menuju Jakarta dan selanjutnya dari Jakarta menuju Tanjungpinang akan melalui jalur laut.

“Dan nanti ke Karimun dilanjutkan dengan jalur laut,” katanya.(ks12)

Editor : Aini