Hamparan air bekas galian tambang timah, kini berubah wujud jadi lokasi wisata di Karimun

Keprisatu.com – Kreatifitas unik dan menarik warga di Karimun ini, patut diacungi jempol. Lahan yang tadinya hanya genangan air bekas galian, disulap jadi salah satu tempat pariwisata air.

Wisata Air ini oleh warga disebut Kolong Bebek. Lokasinya di Desa Gemuruh, Kundur Barat Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau . Kini Kolong Bebek malah menjadi ikon wisata baru di Bumi Berazam.

Padahal lokasi ini dulunya merupakan bekas galian tambang timah yang sudah lama terbiarkan dan membentuk kubangan besar seperti danau.

Sebelum dijadikan tempat wisata, danau itu kerap digunakan masyarakat Desa Gemuruh sebagai sumber air, selain untuk kebutuhan sehari-hari, air danau itu juga membantu masyarakat ketika kesulitan air saat kemarau.

Danau itu, pada tahun 2020 kemudian disulap oleh Kepala Desa dan masyarakat Desa Gemuruh . Akhirnya berkat keringat warga, mereka berhasil mengubah tempat itu menjadi sebuah objek wisata air.

Dengan dibantu PT Timah melalui dana CSRnya, lokasi itu kini menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk mengabiskan akhir pekannya.

Kepala Desa Gemuruh, Untung Sutrisno mengucapkan terimakasih kepada PT Timah atas segala dukungannya untuk membantu masyarakat membangun objek wisata air satu- satunya di Kabupaten Karimun.

“Saya mewakili masyarakat Desa Gemuruh menyampaikan rasa terimakasih kepada PT Timah atas bantuan supportnya untuk membangun lokasi ini.

Selain sebagai lokasi wisata, tempat ini juga menjadi ladang masyarakat untuk menambah pendapatannya,” kata Untung.

Ia mengatakan, inovasi lokasi wisata air ini merupakan salah satu program yang diberikan PT Timah untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“PT Timah mengajak masyarakat untuk menciptakan inovasi baru untuk membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat disini,” ujarnya.

Wisata Air Desa Gemuruh dibangun menggunakan Dana CSR PT Timah Tbk. Dilokasi tersebut, terdapat sejumlah wahana bermain anak- anak dan bebek air. Di sekitar lokasi itu juga terdapat tempat- tempat bersantai untuk keluarga. (ks12)

Editor : Tedjo