Camat Belakang Padang, Yudi Admaji berpose dengan Mahasiswa Kukerta UNRI di depan foot hand sanitizer dispenser temuan mereka

Keprisatu.com – Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang berjumlah 10 orang tergabung dalam tim relawan covid-19 di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, berhasil menciptakan Foot Press Hand Sanitizer Dispenser.

Alat ini memungkinkan orang menggunakan hand sanitizer dispenser yang dibuka dengan menekan pedal dibawah dispenser dengan menggunakan kaki. Hasil temuan ini mereka sumbangkan ke pihak Kecamatan Belakang Padang.

Dalam Kuliah Kerja Nyata ini , para mahasiswa berpartisipasi dalam mencegah penyebaran covid-19 dengan aktif menjadi relawan membantu melakukan kegiatan preventif Kecamatan Belakang Padang.

Selain berpartisipasi pada kegiatan yang dilakukan oleh kecamatan, tim Kukerta Relawan Universitas Riau juga berinisiatif membantu Kecamatan Belakang Padang dengan berbagai program kerja dari ide tim Kukerta tersebut.

Ode Asra selaku ketua tim Kukerta Relawan menjelaskan, “Foot Press Hand Sanitizer Dispenser ini merupakan salah satu inovasi dari kami untuk Kecamatan. Apabila ingin memakainya, maka cukup menekan pedal dengan kaki sehingga kita tidak perlu menekan botol dengan tangan.”

Pada umumnya, penggunaan hand sanitizer mengharuskan masyarakat untuk menekan botol terlebih dahulu. Hal ini bisa meningkatkan resiko penyebaran virus corona.

Pembuatan Foot Press Hand Sanitizer Dispenser ini dilakukan bersama anggota tim Kukerta dengan Adhim Dhamara, salah satu anggota tim Kukerta dan pencetus ide pembuatan alat ini. Penyerahan ini dilakukan pada Kamis (2/7/2020) sekaligus pelepasan Kukerta.

Camat Belakang Padang, Yudi Admajianto menerima karya inovatif tim Kukerta dengan senang hati. “Terima kasih, ini bagus sekali. Mudah-mudahan bermanfaat. Nanti kita letakkan di depan kantor agar masyarakat bisa memakainya,” katanya. (KS 03)