Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre. (Foto: Dok. Batamnews)

Keprisatu.com – Pelabuhan di Kota Batam, tetap akan beroperasi normal, seiring dengan keluarnya larangan Presiden untuk mudik sejak 24 April 2020.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan Batam, Nelson Idris mengatakan, tidak adanya kebijakan khusus pasca larangan dari presiden, karena belum terbitnya peraturan tersebut.

“Hingga saat ini belum ada peraturan untuk menutup akses masuk dan keluar Batam melalui pintu Pelabuhan. Sehingga bisa kami sampaikan bahwa operasional pelabuhan masih beroperasi meski ada pengurangan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal penumpang sehubungan dengan penurunan jumlah penumpang,” kata Nelson, Rabu (22/4/2020).

Untuk diketahui bahwa Badan Usaha Pelabuhan membawahi terminal penumpang dan barang.

Menurut Nelson saat ini pelabuhan masih terus beroperasi normal meskipun terjadi penurunan penumpang yang sangat tajam.

Seperti Terminal Ferry Internasional, terjadi penurunan jumlah penumpang hingga 90 persen, sehingga jumlah kapal yang beroperasi di Terminal Harbour Bay, Batam Centre, Nongsapura, Teluk Senimba juga menurun drastis.

“Terminal Ferry Internasional Sekupang juga terpaksa harus berhenti beroperasi sementara dengan minimnya penumpang yang datang dan berangkat melalui pelabuhan ini,” ujar Nelson.

Sementara untuk Terminal Domestik seperti Telaga Punggur dan Sekupang, masih tetap beroperasi seperti biasa meski ada penurunan dari arus penumpang lokal.

Begitu juga operasional terminal barang juga masih akan tetap berjalan lancar seperti biasa.

“Karena kami juga memastikan pasokan logistik yang masuk dan keluar Kota Batam dapat berjalan lancar,” ucapnya.

Sumber: batamnews