Ilustrasi proses pemakaman pasien Covid-19.

Keprisatu.com – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau kembali mengkonfirmasi satu pasien positif di Karimun yang meninggal dunia. Kini, angka kematian akibat Covid-19 di Karimun menjadi total 9 orang.

Pasien positif meninggal dunia itu diketahui berjenis kelamin perempuan berusia 60 tahun, warga Kelurahan Tanjungbalai. Sebelum meninggal, pasien sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Muhammad Sani.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karimun, Rachmadi, mengatakan pasien tersebut meninggal dunia pada Minggu (1/11) sekira pukul 15.00 Wib. “Iya, meninggal dunia sore semalam, sekitar pukul 03.00. Selesai dikebumikan di Sememal sesudah magrib,” katanya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Senin (2/11) pagi.

Rachmadi mengatakan, pasien dimakamkan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga. “Kita memberikan dua pilihan kepada pihak keluarga, apakah dimakamkan di TPU Sememal atau TPU di rumahnya. Namun pihak keluarga inginnya di TPU Sememal, dengan alasan takut ditolak apabila dipaksakan pemakaman di tempat biasa,” katanya.

Almarhumah, kata Rachmadi, sudah hampir seminggu dinyatakan positif Covid-19. “Status positif sudah sekitar seminggu, kalau perawatan sudah hampir dua minggu lah,” kata Rachmadi.

Sementara untuk pemerisaan swab terhadap keluarga, Rachmadi mengatakan pihaknya telah melakukan tracking. Hasilnya, beberapa orang anggota keluarga almarhumah dinyatakan positif dan saat ini menjalani perawatan. “Ada beberapa orang yang positif, sekarang lagi dirawat,” kata Rachmadi.

Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di Karimun sampai saat ini berjumlah 175 orang. Dari jumlah tersebut, 59 orang di antaranya masih dirawat. Mereka dirawat di sejumlah lokasi, di antaranya di RSKI Pulau Galang, Batam sebanyak 25 orang, RSUD Karimun dan Puskesmas Meral Barat sekitar 20 orang, dan sebagian lainnya di RSBT.(ks12)

Editor : Aini