Musrenbang tingkat kelurahan Bengkong Laut/F-Humas Pemko Batam

Batam, Keprisatu.com – Kerap menjadi titik kemacetan, jalan didepan Golden Prawn akan dilebarkan pada tahun ini, hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Batam M. Rudi saat kegiatan Musrenbang di tingkat Kelurahan Bengkong Laut pada Jumat (20/1) di Restoran Golden Prawn bersama warga setempat.

Kepastian pelebaran ruas jalan dari jembatan Golden Prawn ke ruas jalan depan Masjid Istiqomah ini disampaikan langsung Wali Kota Rudi di hadapan warga yang mengikuti musrenbang. Dia pun meminta izin dan mohon maaf jika aktivitas dan kenyamanan warga berkendara akan terganggu selama pengerjaan pelebaran jalan tersebut.

“Jalan yang selalu macet ini akan diperlebar tahun ini juga. Mulai dari Jembatan Golden Prawn sampai depan Masjid Istiqomah dulu. Nantinya akan dilebarkan jadi dua jalur dengan tiap jalur memiliki dua lajur,” ungkap Wali Kota Rudi disambut tepuk tangan dan sahutan gembira warga.

Bahkan ada warga yang nyeletuk agar pelebaran dilanjutkan hingga ke bengkolan setelah ruas Masjid Istiqomah. Namun Wali Kota Rudi mengatakan itu dapat dilakukan untuk tahap selanjutnya dan dia meminta warga Bengkong untuk bekerjasama dan bersedia membantu pemerintah terutama dalam penyediaan tanah pemerintah untuk dibangun jalan tersebut.

Untuk diketahui ruas jalan depan Golden Prawn terutama perempatan Bengkong Laut dan Tanjung Buntung selalu macet saat jam sibuk waktu pagi dan sore. Kemacetan paling parah terjadi pada hari libur terutama setiap akhir pekan.

Rudi berharap dengan pembangunan yang dilakukan di Kecamatan Bengkong, dapat merubah wajah kawasan tersebut menjadi kecamatan kota baru yang indah dan nyaman. “Dengan wajah kota yang baru, pola pikir juga harus baru yakni pola pikir untuk memajukan pembangunan Kota Batam,” ajak Wali Kota disambut aplaus tanda setuju dari ratusan warga yang hadir.

Kehadiran Rudi dalam musrenbang kali ini juga berbeda dari sebelumnya. Selain ikut dihadiri Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, dia juga tidak langsung memberikan pengarahan setelah pidato pembukaan dari Lurah.

Rudi malah mempersilakan Lurah Bengkong Laut Anugrah Hidayat langsung memimpin pembahasan. Diapun menyimak usulan pembangunan yang disampaikan diantaranya; pembangunan ruang kelas sekolah, pembangunan batu miring, penyediaan lampu jalan, drainase, semenisasi jalan dan toilet sekolah.

Usulan-usulan itu ditanggapi langsung kepala OPD yang hadir. Namun usulan terkait pembangunan batu miring di Bengkong Mahkota menarik perhatian Rudi. Dia pun menanyakan detil lokasi dan kepemilikan lahannya serta memerintahkan agar dilakukan pertemuan lanjutan kepada Kepala Dinas Tata Ruang.

Selain jalan utama, tegas Rudi, dia juga menginginkan jalan di lingkungan warga juga dibangun bagus. Dengan demikian, slogan Batam Kota Baru bukan hanya di pusat kota tetapi juga di seluruh pemukiman warga.

“Tahun ini juga dari Pelabuhan Batu Ampar melewati Bandara hingga ke Nongsa dibangun lima lajur kiri dan lima lajur kanan,” ujarnya disambut tepukan warga.

Sementara itu anggota DPRD Kota Batam Udin Sihaloho memberikan apresiasi atas respon Rudi terhadap usulan warga. Dia juga mengapresiasi tinggi pembangunan Kota Batam yang dilakukan Rudi sekaligus selaku Kepala BP Batam.

Apresiasi sama juga disampaikan anggota DPRD Rubina Situmorang. Bahkan dia menawarkan kepada warga yang usulannya tidak terakomodir di musrenbang dapat mengusulkan kepadanya untuk dipertimbangkan diakomodir melalui Pokir anggota DPRD.

“Seperti program untuk ibu-ibu. Saya juga perempuan dan sangat mengerti ibu-ibu juga pasti punya usulan. Nanti bisa disampaikan langsung atau melalui RT/RW,” sebutnya disambut tepukan para ibu-ibu yang hadir.

Sebelumnya Lurah Bengkong Laut Anugrah Hidayat memaparkan usulan pembangunan dari warganya. Selain diusulkan dalam bentuk PSPK (pembangunan sarana dan prasarana kelurahan), juga diusulkan dalam bentuk non-PSPK agar dapat diakomodir di anggaran OPD (organisasi perangkat daerah). (*)

KS10