Masyarakat memadati Kenduri Seni Melayu 2022, di Harbour Bay. Foto: Keprisatu.com/Fajriramadhan

 

Batam, Keprisatu.com – Kenduri Seni Melayu 2022 bertempat di pelataran parkir Harbour Bay, kegiatan ini dilaksanakan Pada tanggal 21 hingga 23 Juli 2022. Resmi dibuka oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, didampingi oleh beberapa pejabat Pemko Batam, dan lembaga.

Kegiatan KSM 2022 ini terlaksana, dimana setelah 2 tahun dihantam oleh badai Covid-19, para pelaku bisnis pariwisata, UKM, pengelola hotel, mengalami kesusahan. Alhamdulillah tahun ini ekonomi mulai menggeliat kembali. Kenduri Seni Melayu 2022 juga dihadiri oleh Negara sahabat, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pada pembukaan KSM 2022, ditampilkan sanggar tari binaan Dispudpar kota Batam yaitu, Sanggar Wansendari, Lagu Bulang Mufakat pemenang dari Lomba Cipta Lagu Melayu diiringi Malaykustik grup Kota Batam bergema.

Pada Event KSM 22 ini, tentunya tradisi Melayu ditonjolkan, Kadispudpar Kota Batam, Adiwinata mengatakan, KSM merupakan kegiatan kebudayaan yang terus dilaksanakan setiap tahunnya. “Kita terus mengembangkan tradisi Melayu,” katanya.

KSM ini dalam rangka memajukan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), yang didalamnya terkandung 10 unsur, yakni tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional.

Tidak hanya pagelaran Seni Melayu, para UKM juga dilibatkan dalam kegiatan KSM 2022 ini, terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang disajikan oleh para UKM lokal, baik yang tradisional maupun yang kekinian, banyak pilihan untuk pengunjung untuk mencoba setiap produk yang disajikan UKM lokal, para pelaku usaha ini dikerahkan juga tentunya, untuk meningkatkan roda perekonomian dan tentunya memeriahkan KSM 2022.

Editor: Fajri Ramadhan (KS10)