Keprisatu.com – Temuan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kota Tanjungpinang kembali naik.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, pada Kamis (15/10/2020) merilis dalam sehari itu ada 6 (enam) kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Temuan kasus baru tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di Laboratorium BTKL PP Batam dan RSUD RAT.

Kasus baru ini ditemukan pada 3 laki-laki dan 3 perempuan. Dua orang diantaranya, masih anak-anak umur 6 tahun dan 8 tahun.

Kini para pasien tersebut, tiga orang diisolasi di RSUD RAT, satu di RSUD Tanjungpinang. Dua lagi dilakukan isolasi secara mandiri.

Sejauh ini kondisi pasien baik-baik saja. Tiga orang tidak bergejala, dua orang gejala ringan, dan satu orang bergejala.

Dinas Kesehatan PP & KB Tanjungpinang sudah melakukan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktivitasnya. Bila ada yang memenuhi kriteria kontak erat, maka akan dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan RT PCR di BTKL PP Batam.

Rahma mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Tanjungpinang untuk terus menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19.

”Protokol kesehatan bahkan dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama,” ujar Rahma.

Data pertambahan 6 (enam) kasus baru terkonfimasi Covid-19 itu, termasuk yang tertinggi setelah dalam seminggu terakhir sempat mengalami penurunan. Diantaranya, dalam tiga hari sebelumnya, pertambahannya rata-rata hanya 1 (satu) orang. (ks04)