Salah satu pedagang di Pasar Puan Maimun di Karimun. (Dok)

Keprisatu.com – Dinas Perdagangan Kabupaten Karimun memastikan ketersediaan bahan pokok (Bapok) aman untuk kebutuhan masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan.

Selain itu, harga bahan pokok juga cukup stabil dan tidak terjadi kenaikan pada H-3 Ramadhan di Karimun.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop Karimun Muhammad Fadlah mengatakan, ketersediaan bahan pokok di Karimun tergolong aman menjelang bulan suci ramadhan, bahkan hingga Idul Fitri.

“InsyaAllah ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok menghadapi bulan puasa dan hari raya idul fitri masih aman terkendali,” kata Fadlah, Minggu (11/4/2021).

Ia mengatakan, terpenuhi pasokan tersebut mempengaruhi kestabilan harga bahan pokok, khususnya di tiga pasar induk di Karimun.

“Ketersediaan ini mempebgaruhi harga, alhamdulillah sampai saat ini semua aman terjaga,” katanya.

Fadlah meminta supaya masyarakat tidak khawatir akan ketersediaan bahan pokok dan lonjakan harga. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan bersama Tim Satgas Pangan untuk memastikan semua terkendali.

“Masyarakat jangan khawatir, pengawasan terus kita lakukan dan pastikan tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga,” katanya.

Adapun dari data Dinas Perdagangan Kabupaten Karimun, untuk harga kebutuhan pokok disampaikan sebagai berikut, Cabai Merah Rp55 ribu perkilogram, Cabai Rawit Rp55 ribu/kg, Cabai Hijau Rp40 ribu/kg, dan Cabai Merah Kering Rp65 ribu/kg.

Kemudian Bawang Merah Rp35 ribu/kg, dan bawang putih Rp26 ribu/kg. Sementara untuk beras premium kisaran harga Rp13 ribu/kg, beras medium Rp11 ribu/kg, gula pasir Rp12 ribu/kg, dan minyak goreng curah Rp13ribu/kg.

Selanjutnya, untuk Daging ayam potong Rp36ribu/kg, daging beku, Rp95 ribu/kg, Daging Segar Rp170 ribu /kg.

(Ks12)