Pengguna Instagram alami gangguan/Ist

 

Batam, Keprisatu.com – Sejak mengalami down Senin (31/10) malam, aplikasi media sosial Instagram masih dikeluhkan sejumlah pengguna yang belum bisa mengakses akun maupun sulit login.

Menurut pantauan pada Selasa (1/11) pukul 08.00 WIB, tagar #instagramdown masih menjadi trending topic nomor 1 di Twitter sejak 10 jam lalu dengan total cuitan sekitar 180 ribu.

Salah satu satu pengguna di Twitter mengeluhkan hal tersebut dan menyebut aplikasi ini mengalami masalah.

Akun @becomingbritt yang merasa tidak melanggar panduan komunitas Instagram pun melampirkan tangkapan layar akunnya yang kena suspend.

“Seperti inilah tampilan akun saya saat ini. Anda perlu menghadirkan departemen customer support. Saya memiliki akun sebelumnya yang ditangguhkan dan dinonaktifkan. Setelah membaca kolom panduan komunitas, saya tidak menemukan kesalahan di pihak saya. Ini masalah serius @Instagram @InstagramComms,” kicaunya.

Saya ingin akun saya kembali,” tambahnya.

Pengguna lain turut mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan akunnya disuspend sejak 31 Oktober dan belum kembali.

“Ini bukan hanya kesalahan biasa, kalian semua menangguhkan akun-akun tanpa alasan. tolong segera perbaiki,” ujarnya.

Dalam tangkapan layar tersebut tertulis “Kami menangguhkan akun Anda pada 31 Oktober 2022. Anda memiliki waktu 30 hari untuk membantah keputusan ini.”

Berdasarkan data Downdetector, puncak laporan Instagram down di Indonesia terjadi pada Senin (31/10) pukul 21.11 sampai 21.26. Jumlah laporan saat itu mencapai 440.

Sebanyak 74 persen mengeluhkan soal login, 15 persen soal aplikasi, dan 11 persen melaporkan masalah situs web.

Per Selasa (1/11) pukul 08.41 WIB, masih ada 22 laporan soal gangguan Instagram.

“Minta tolong untuk pembenahan Ig di akun saya karena belum bisa login hingga saat ini,” ungkap salah satu pengguna Downdetector Ulfa Hikmatul.

Instagram sendiri telah meminta maaf lewat akun Twitternya atas kejadian yang mengganggu banyak pengguna ini.

“Kami menyadari bahwa beberapa dari Anda mengalami masalah saat mengakses akun Instagram Anda. Kami sedang menyelidikinya dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis akun Instagram Communications di Twitter pada Senin (31/10).

Instagram juga menyebut pihaknya telah berhasil menyelesaikan masalah bug tersebut.

“Kami telah mengatasi bug ini sekarang – yang menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut,” tulis Instagram, seperti dikutip The Verge.

Sementara itu, pimpinan Instagram Adam Mosseri mengaku pihaknya sedang menyelesaikan masalah akses ke akun Instagram.

Lebih lanjut, sejumlah laporan menunjukkan masalah suspend ini tampaknya terkonsentrasi di antara pengguna iPhone.

KS10

Sumber: cnnindonesia.com