Syukuran HUT Kabupaten Karimun di Gedung Nilam Sari Karimun, Senin (12/10/2020).

Keprisatu.com – Peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kabupaten Karimun ke-21 dirayakan secara sederhana di Halaman Kantor Bupati Karimun, Senin (12/10/2020).

Upacara peringatan berjalan hidmat dan langsung dipimpin Pjs Bupati Karimun Heri Andrianto dan dihadiri unsur FKPD Pemkab Karimun, Ketua DPRD beserta anggota, Sekda Karimun, Pimpinan OPD dan para tokoh- tokoh masyarakat di Karimun.

Sejak berdiri pada 12 Oktober 1999, Kabupaten Karimun telah banyak mengalami kemajuan dalam hal pembangunan, investasi dan lainnya. Sederetan prestasi juga turut mengisi pembangunan Karimun dalam 21 tahun berdiri.

Pjs Bupati Karimun Heri Andrianto memaparkan, selama 21 tahun berdiri, Kabupaten telah banyak melakukan pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Seperti pembangunan fasilitas keagamaan, terbukti saat ini Karimun telah memiliki 235 Masjid, 242 Mushalla, 40 Gereja, 16 Vihara, 38 Cetiya, 1 Klenteng, 57 TPQ dan 38 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfiz.

“Tidak hanya disektor agama, kita lihat juga prestasi di bidang perekonomian, kemajuan pembangunan juga sangat terasa. Apalagi saat ditetapkannya Karimun sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas,” kata Heri saat memberi sambutan di upacara HUT Kabupaten Karimun ke-21 tahun, di Halaman Gedung Perkantoran Pemkab Karimun, Senin (12/10/2020) pagi.

Heri mengatakan, selain pembangunan, tercatat saat ini investasi di Kabupaten dengan julukan Bumi Berazam ini juga semakin menggeliat kian tahunnya.

Hingga 2019, sebanyak 111 Investasi di luar kawasan Trade Zone (FTZ) telah masuk ke Karimun, selain itu investasi di kawasan FTZ berjumlah 197 investasi.

“Total Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp14,472 Miliar, dan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp8,152 triliun,” kata Heri.

Tidak cuma di bidang investasi, Kabupaten Karimun juga memiliki prestasi di bidang Sumber Daya Alam (SDA) baik di perikanan maupun pertanian,  serta prestasi di sektor perdagangan, konstruksi dan industri. Dimana bidang-bidang tersebut dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Dimana sampai tahun 2019 ini, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun mencapai 4,89 persen,” jelas Heri.

Sejak tahun 1991 hingga saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun terus menggalakkan pembangunan, baik pelabuhan dan dergama rakyat, ruas jalan baru,  pembangunan perumahan bersubsidi, pemenuhan kebutuhan listrik dan air masyarakat, Puskesmas di setiap kecamatan, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya pembangunan di Kabupaten Karimun ini, hal itu menandakan bahwa Kepala Daerah Kabupaten Karimun sangat fokus dalam menjadikan Kabupaten Karimun sebagai kota maju.

Heri berharap siapapun nanti yang menjadi menjabat sebagai pemimpin Kabupaten Karimun dapat melanjutkan pambangunan, dan lebih meningkatkan prestasi yang ada.

“Saya berharap kedepannya nanti pemimpin baru dapat membawa pembangunan yang lebih besar lagi,” katanya. (KS 12)

Editor : Tedjo