Rapat Paripurna DPRD Batam dengan agenda Pandangan Umum Fraksi Atas Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2019.

Keprisatu.com – DPRD Kota Batam mengapresiasi capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kedelapan kali yang diterima Pemko Batam dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Apresiasi itu disampaikan semua Fraksi DPRD Batam dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi Atas Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2019 di DPRD Batam, Kamis (2/7/2020). Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Batam, Muhammad Kamaludin dan dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Juru Bicara Fraksi Golkar, Nine Mellane mengatakan, opini dari BPK merupakan pernyataan profesional yang menyangkut kesesuaian akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, serta efektivitas sistem internal.

“Kami mengapresiasi atas WTP. Secara keseluruhan, Golkar menyetujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2019 menjadi Perda,” ujarnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Fraksi Gerindra melalui juru bicarannya, Werton Panggabean. Gerindra mengapresiasi atas capaian tersebut dan mengajak semua pihak untuk tetap lebih baik ke depannya.

“Dampak (penyerapan APBD) harus atas kesejahtaraan masyarakat. Ini yang perlu mendapat kajian bersama,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Thomas Arihta Sembiring, kemudian dari Fraksi PKS yang disampaikan Mochamat Mustafa. Selain itu, Fraksi PAN melalui juru bicaranya, Sahrul, juga mengapresiasi capaian tersebut.

Farksi lain, Hanura disampaikan juru bicaranya, Utusan Sarumaha. Kemudian Fraksi Partai Persatuan Kebangkitan Bangsa disampaikan langsung oleh Jeffry Simanjuntak dan Fraksi Demokrat–PSI disampaikan juru bicaranya, Muhammad Yunus.

Kemudian, Juru Bicara Fraksi NasDem, Arlon Veristo, meminta capaian tersebut menjadi motivasi agar ke depan pemerintah tetap berkomitmen untuk lebih baik ke depannya.

“Kami menilai, ini bentuk keberhasilan dalam mengelola keuangan daerah dari tahun ke tahun. Tentu jangan berpuas diri, dalam hal ini target pencapaian daerah harus ditingkatkan untuk meningkatkan PAD Batam,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, capaian tersebut merupakan kinerja semua pihak termasuk dari DPRD Batam yang terus melakukan fungsi pengawasan.

“Opini WTP ini sudah kedelapan kita terima, secara berturut-turut. Inilah jika kita bekerja bersama-sama maka akan menghasilkan hal yang hebat. Terima kasih juga untuk DPRD yang terus mengawasi,” ujarnya. (KS 08)