Jakarta, Keprisatu.com –  Sebagai bank yang berpusat pada nasabah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memahami bahwa setiap segmen memiliki keunikan dan kebutuhan masing-masing yang berbeda. Berbekal dengan keyakinan tersebut, termasuk komitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan keuangan dan perbankan terbaik, Danamon memperkenalkan program transformasi kantor cabang yang mengusung konsep Next Generation Branch yang didukung dengan fasilitas Coworking Space.

Selama bulan November 2023, Danamon telah berhasil melakukan renovasi dan membuka kembali 10 kantor cabang, sehingga total cabang dengan konsep Next Generation Branch yang dimiliki oleh Danamon menjadi 49 cabang.

Adapun kesepuluh kantor cabang yang ditransformasi sepanjang bulan November 2023 tersebut adalah:
 KCP Jakarta Cyber 2 di Jakarta Selatan
 KCP Jakarta Citra Garden II di Jakarta Barat
 KCP Surabaya Darmo di Surabaya
 KC Samarinda Sudirman di Samarinda
 KC Pekanbaru Wahid Hasyim di Pekanbaru
 KCP Pontianak ST. Muhammad di Pontianak
 KCP Bandung Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat
 KCP Medan Thamrin di Medan
 KC Padang Sudirman di Padang
 KCP Jakarta Green Garden di Jakarta Barat

Sesuai dengan komitmen Danamon untuk selalu mengikuti perkembangan jaman dan nilai-nilai perusahaan, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani, dan Adaptif, disingkat menjadi BISA, proses transformasi cabang dilakukan dengan kesadaran atas perubahan budaya dan gaya hidup nasabah dan masyarakat luas, terutama kebutuhan untuk membangun karier dan memperluas relasi. Hal tersebut diwujudkan dengan disediakannya fasilitas Coworking Space di cabang Danamon yang sudah mengusung konsep Next Generation Branch.

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi sebuah tren unik, yaitu munculnya berbagai penyedia fasilitas kerja di berbagai kota besar di Indonesia yang dapat disewakan secara harian, yang juga disebut Coworking Space. Kehadiran konsep fasilitas kerja komunal ini muncul pada dasarnya disebabkan oleh kebutuhan generasi muda akan sebuah fasilitas kerja yang dapat mendukung terjadinya kolaborasi. Oleh karenanya konsep Coworking Space sangat digemari oleh para pekerja muda dengan mobilitas tinggi dengan latar belakang usaha dan pekerjaan yang beragam.

Di saat yang bersamaan, Danamon menyadari bahwa nasabah dan masyarakat saat ini menuntut sebuah pengalaman yang berbeda ketika melakukan kunjungan ke cabang. Apabila di masa lalu fungsi cabang hanya untuk melakukan transaksi dasar perbankan, maka saat ini cabang menjadi tempat terjadinya sebuah interaksi yang lebih bermakna, seperti membangun kepercayaan dan berkolaborasi untuk menemukan berbagai solusi sesuai dengan kebutuhan tiap nasabah pada setiap momen penting dalam hidup mereka.

Dengan pemahaman atas perubahan gaya hidup tersebut, Danamon mencoba untuk menggabungkan kedua kebutuhan melalui transformasi kantor cabang dengan konsep Next Generation Branch yang beberapa di antaranya sudah dilengkapi dengan fasilitas Coworking Space, seperti KCP Surabaya Darmo, KC Samarinda Sudirman, dan KC Pekanbaru Wahid Hasyim.

“Melalui kantor cabang dengan konsep Next Generation Branch yang memiliki fasilitas Coworking Space ini, Danamon ingin menemani generasi muda yang dinamis dan agile baik dalam meniti karier maupun dalam membangun relasi bisnis mereka,” tutup Eka Dinata selaku Branch Network Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Area Coworking Space yang terdapat di beberapa kantor cabang dengan konsep Next Generation Branch ini dapat digunakan oleh nasabah maupun masyarakat umum secara gratis sesuai jadwal operasional cabang (Senin – Jumat pukul 08:00 – 17:00) sebagai ruang kerja dan diskusi agar tetap bisa menjaga produktivitas dan menjalin relasi. Fitur yang disediakan Danamon dalam fasilitas tersebut adalah meja, kursi, jaringan Wifi, stop kontak, dan mesin kopi yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung.

 

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 30 September 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp208 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.

Per September 2023, Danamon didukung oleh jaringan 865 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan cabang serta jaringan bisnis anak perusahaan, dan jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000-unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon.

Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Melalui ajakan “Grow With Us” yang didasari oleh Visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, Danamon mempertegas komitmen sebagai bank yang selalu siap siaga memberikan solusi untuk segala kebutuhan finansial bagi seluruh nasabah dari berbagai segmen antara lain Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Komersial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance, agar dapat tumbuh menjadi lebih sejahtera.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya, sebagai organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”. Proposisi nilai unik Danamon berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia, agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka. (KS03)

Editor : Tedjo