Beranda Bintan Calon Penumpang Cemas karena Dua Kali Tes GeNose Positif

Calon Penumpang Cemas karena Dua Kali Tes GeNose Positif

Suasana tes Genose di pelabuhan

Keprisatu.com – Seorang calon penumpang melalui Pelabuhan Sri Bintanpura Tanjungpinang, berencana untuk pulang ke Pulau Moro Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Sabtu (8/5/2021). Namun tiba-tiba sang calon penumpang ini cemas lantaran 2 kali tes GeNosa hasilnya tetap positif.

Awalnya 3 tenaga medis di Pelabuhan Sri Bintan Pura meminta calon penumpang melakukan tes dengan menggunakan hembusan napas alias GeNose. Saat itu memang terlihat 3 tenaga medis yang bertugas melakukan tes GeNose ke setiap calon penumpang. Calon penumpang ini tujuannya jurusan Pulau Moro Kabupaten Karimun.

Nah sang calon penumpang inisial P (Pr) cemas saat hasil tes GeNose dirinya positif. Dua kali melakukan tes GeNose hasilnya tetap positif. Pihak medis lantas menganjurkan agar P melakukan tes metode swab ke Jalan Sunaryo Nomor 43 D Tanjungpinang, Kepri.

Calon penumpang segera menuju mengikuti anjuran tenaga medis pelabuhan. Apabila hasilnya negatif, maka calon penumpang tadi boleh melanjutkan perjalanannya. Nah anehnya setelah melakukan swab, ternyata hasilnya negatif. Berbeda dengan tes GeNose di pelabuhan.

Pantangan Tes GeNose

Kemudian salah seorang tenaga medis menganjurkan sebelum ikut tes GeNose, para calon penumpang sebaiknya tidak minum kopi, tidak makan jengkol, tidak makan petai, juga buah manggis, ataupun durian. Juga sebaiknya tidak menggunakan parfum, kerena alat Genose yang menggunakan hembusan napas sangat sensitif.

Sebelum tes para penumpang di pelabuhan itu memiliki Balon GeNose dengan membayar Rp40.000. Apabila positif, maka harus mengulang sekali lagi, sehingga menelan biaya Rp80.000 untuk dua Balon GeNose.

Apabila sudah melakukan tes GeNose 2 kali namun tetap positif, maka calon penumpang dianjurkan melakukan swab test di luar wilayah pelabuhan untuk memastikan kondisi calon penumpang positif atau negatif.

Adapun swab test memakan biaya Rp150.000 per sekali swab.

Kondisi ini menyebabkan Tes GeNose di pelabuhan, justru seolah menghambat calon penumpang yang ingin berpergian. Sehingga sebaiknya para calon penumpang sebaiknya menpersiapkan diri dengan melakukan tes GeNose atau Swab di tempat terdekat sebelum keberangkatan. Ini untuk menghindari terjadinya antrean yang panjang sehingga  memangkas waktu, serta menghindari potensi penularan covid-19. (ks05)

editor: tedjo

BACA JUGA BERITA LAIN:

Tekan Penyebaran Covid-19, Ranting Pemuda Pancasila Tanjung Uban Bagikan Masker

Corona Meledak di Kepri, Sehari 253 Terpapar

Pertumbuhan Ekonomi Kepri Jauh di Bawah Nasional