Bersin tanda terpapar covid bagi yang sudah vaksinasi.
Studi menunjukkan bersin merupakan tanda terpapar covid bagi yang sudah menerima suntikan vaksin.

Keprisatu.com – Vaksin virus corona memang bisa melindungi seseorang dari Covid-19. Tetapi seseorang juga masih dapat tertular meski sudah vaksinasi. Nah, ini dia gejala orang yang sudah vaksinasi dan terpapar covid.

Data baru, di mana ZOE COVID Symptom Study Inggris memublikasikannya, menunjukkan bahwa ada gejala Covid-19 khusus pada yang sudah vaksinasi. ZOE COVID Symptom Study, merupakan studi Covid-19 terbesar di dunia yang sedang berlangsung.

Lalu apa gejala khusus itu? Studi itu mengungkapkan jika terjadi bersin lebih dari biasanya. Hal inilah yang dapat menjadi tanda Covid-19 pada orang yang telah menerima vaksinasi.

Tim peneliti dalam studi itu menjelaskan, bersin biasanya bukan gejala Covid-19, dan lebih mungkin menjadi tanda pilek atau alergi biasa. “Meskipun banyak orang dengan Covid-19 mungkin bersin, itu bukan gejala pasti karena bersin sangat umum, terutama di bulan-bulan hangat di mana orang mungkin mengalami demam,” kata tim peneliti, laman Bisnis.com melansirnya dari Express.

Banyak Bersin Tanpa Sebab

Namun, data aplikasi penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah vaksinasi dan kemudian tes positif Covid-19 lebih mungkin mengalami bersin sebagai gejala. Ini jika bandingannya dengan dengan mereka yang tidak menerima suntikan. Ini menunjukkan bahwa banyak bersin tanpa penyebab setelah vaksinasi bisa menjadi tanda Covid-19.

“Jika sudah vaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, sebaiknya tetap di rumah dan menjalani tes covid, terutama jika tinggal atau bekerja di sekitar orang yang berisiko lebih besar terkena penyakit tersebut,” saran Studi Gejala Covid peneliti aplikasi tersebut.

“Namun, penting untuk diingat bahwa hubungan antara bersin dan Covid-19 tidak terlalu kuat sehingga harus tetap waspada terhadap 20 gejala penyakit itu, apakah Anda sudah vaksinasi atau belum, di mana gejalanya meliputi:

1. Suhu tinggi (demam)
2. Menggigil
3. Batuk terus menerus
4. Kehilangan atau perubahan penciuman (anosmia)
5. Kehilangan atau perubahan rasa (disgeusia)
6. Sakit kepala
7. Kelelahan yang tidak biasa (fatigue)
8. Sakit tenggorokan
9. Kebingungan tiba-tiba (delirium), terutama pada orang tua 10. Ruam kulit
11. Perubahan pada mulut atau lidah (lidah Covid)
12. Jari tangan atau kaki merah dan sakit (jari tangan/kaki Covid)
13. Sesak napas
14. Nyeri dada
15. Nyeri otot
16. Suara serak
17. Diare
18. Sulit makan
19. Sakit perut
20. Pilek.

(ks04)