Evakuasi awak kapal yang tenggelam di Perairan Karimun

Keprisatu.com – Badai besar sedang melanda sejumlah perairan di Propinsi Kepri. Salah satunya badai ini berkecamuk di Perairan Karimun. Bahkan , kedahsyatan badai ini sampai menenggelamkan kapal. Beruntung, meski kapal tenggelam, kru kapal berhasil menyelamatkan diri dan berhasil dievakuasi.

Musibah kapal tenggelam ini terjadi di Perairan Tanjung Balai Karimun di koordinat 0°59’24.24″U 103°27’43.91″T, dimana sebuah kapal bernama KLM Firman Jaya  tenggelam setelah diterpa badai pada Rabu (10/11/2021).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Slamet Riyadi  mengatakan, kapal KLM Firman Jaya itu berhasil ditemukan pihaknya di TW 1110 pada pukul 15.00 WIB.

“Korban ada sebanyak 5 orang dan semuanya berhasil diselamatkan oleh Kapal SPOB Tirta Samudera XX yang saat itu di nahkodai oleh Capt. Mei Heriyanto,” ujarnya.

Kemudian pada pukul 15.45 WIB Capt. Mei Heriyanto menginformasikan insiden kapal tersebut ke pihaknya dan tim langsung melakukan operasi SAR kecelakaan Kapal (Medevac)

“Kapal KLM Firman Jaya ini adalah kapal kayu yang mengangkut 180 Ton kelapa dari Sungai Guntung menuju Batu Pahat,” jelasnya.

Pada pukul 16.10 WIB, kata dia, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjung Balai Karimun melaksanakan koordinasi bersama Potensi SAR bahwa akan melaksanakan Medevac terhadap 5 (Lima) Org Crew di Perairan Karimun pada Koordinat 1 00.00 N 103 31.500 E menggunakan SB (Speed Boat) milik KSOP Tanjung Balai Karimun.

Lalu pada pukul 17.00 WIB Direncanakan Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjung Balai Karimun bersama Tim SAR Gabungan bergerak melaksanakan Medevac.

“Seluruh Crew Kapal KLM. Firman Jaya dalam Keadaan sehat dan Aman,” pungkasnya. (KS12)