Debat Terbuka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun beberapa waktu lalu.

Keprisatu.com – Dua kandidat calon Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Iskandarsyah mengaku siap menghadapi debat terbuka putaran kedua yang akan dilaksanakan Minggu (8/11) malam ini. Keduanya mengaku memiliki pengalaman masing-masing dan akan disampaikan pada debat yang akan dilaksanakan pukul 20.00 wib di Hotel Aston Karimun.

Adapun tema pada debat kali ini yakni terkait pemerintahan, dengan subtema pelayanan, birokrasi pemerintahan dan kepastian hukum. Calon Bupati Karimun Nomor Urut 1, Aunur Rafiq, mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan menjelang pelaksanaan debat malam nanti.

“Insyaallah untuk debat kedua ini, kita dari Pasangan Arah sudah siap,” kata Rafiq, Sabtu (7/1) kemarin.

Rafiq mengatakan, dirinya akan menjalani debat sesuai dengan visi-misi yang telah dibuatnya dan hanya akan menjalani seperti air mengalir. “Kita ikut alur mengalir saja. Jalani, ikuti, tidak sombong. Kita mengerti kita tidak sempurna. Karena kesempurnaaan hanya milik Allah, kritikan dan saran melalui debat kita hargai,” kata Rafiq.

Ia mengatakan, dalam debat malam ini, pihaknya akan kembali menyampaikan visi, misi dan program yang sesuai dengan tema dan sub tema debat. “Tentunya kami pasangan Arah akan konsisten dari awal sampai akhir tentang visi dan misi kami. Tentunya akan kita kaitkan dengan persoalan yang akan kita lakukan apabila terpilih menjadi bupati dan wakil bupati,” katanya.

Rafiq mengatakan, konsistensi antara visi misi dan program yang disampaikan akan dikaji oleh tim panelis serta dilihat langsung oleh masyarakat. Menurutnya, visi misi dan program yang pasangan Arah sampaikan selalu sama sejak pendaftaran ke KPU, saat debat hingga nanti terpilih sebagai pasangan kepala daerah.

“Lalu, yang paling penting visi dan misi memiliki nilai akademis yang bisa dipetanggungkawabkan ke publik. Visi misi jangan mencla mencle. Artinya jangan sampai di debat pertama lain, di debat kedua lain, di KPU lain. Itu akan jadi komitmen yang akan dilakukan di masyarakat. Jadi kami Tim Arah Insya Allah konsisten terkait visi misi dan program yang akan kita jalankan,” katanya.

Sementara itu, Calon Bupati Karimun Nomor Urut 02, Iskandarsyah, juga turut menyampaikan kesiapannya menjelang debat terbuka putaran kedua ini. Menurutnya, apa yang akan menjadi bahan debat nanti merupakan hal yang telah dijalaninya selama berkarir di Pemerintahan.

“Tema yang akan didebatkan adalah tentang pelayanan pemerintah bersih dan transparan serta hukum. Insya Allah siap. Karena materi bagian dari penyelenggaraan pemerintah,” kata Iskandarsyah.

Ia mengatakan, dirinya telah memiliki pengalaman sèbagai anggota DPRD Provinsi Kepri selama tiga periode dan tidak terlalu terbebani akan tema debat nantinya.

“Kalau kami biasa-biasa aja. Karena kalau tentang pemerintahan, DPRD dan Kepala Daerah juga bagian dari pemerintahan,” katanya.(ks12)

Editor : Aini