Beranda Karimun Lima Kecamatan di Karimun Jadi Fokus Pembangunan 5 Tahun ke Depanepan.

Lima Kecamatan di Karimun Jadi Fokus Pembangunan 5 Tahun ke Depanepan.

44
0

Keprisatu.com – Sebanyak lima kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun menjadi prioritas pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Kabupaten Karimun dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Lima kecamatan itu antara lain, Kecamatan Durai, Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan dua kecamatan yang baru saja pemekaran, yaitu, Kecamatan Selat Gelam serta Kecamatan Sugi Besar.

Hal itu disampaikan, Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam rangka penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun tahun 2021-2016 di Gedung Nasional Karimun.

“Kami akan fokus mengoptimalisasi pembangunan infrastruktur di lima Kecamatan tersebut. Ini merupakan kelanjutan dari pembangunan selama ini, seperti pembangunan infrastruktur jalan yang memang selama ini merupakan akses untuk ekonomi masyarakat yang perlu kita tingkatkan, kemudian pelabuhan, ketersediaan air bersih dan lainnya,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Alasan fokus pembangunan di lima kecamatan tersebut, ialah mengingat masih belum meratanya pembangunan infrastruktur.

Terlebih, pemerataan terhadap pembangunan merupakan visinya bersama Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim. Yaitu, Mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan dan Berlandaskan Iman dan Taqwa.

“Bicara tentang pembangunan yang berkeadilan artinya kita harus melakukan pemerataan. Daerah yang besar mendapat besar dan yang kecil mendapat kecil. Merata bukan harus sama, merata belum tentu adil. kalau adil pasti merata dia. Jadi, Kelima kecamatan ini infrastrukturnya masih jauh, maka kita fokus disini dan alihkan dulu pembangunan yang sebelumnya kita konsentrasikan di kecamatan lain,” jelas Bupati.

“Namun, dengan tidak meninggalkan pembangunan-pembangunan di kecamatan lainnya,” tambahnya.

Rafiq menyebutkan, prioritas pembangunan kelima kecamatan tersebut akan tertuang dalam Musrenbang RPJMD Kabupaten Karimun tahun 2021-2026.

Musrenbang itu sendiri, kata dia, bertujuan untuk mendapatkan masukkan dan saran serta tanggapan positif terhadap RPJMD yang telah disusun oleh dirinya dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentunya, agar RPJMD yang kita susun untuk kesejahteraan masyarakat ini semakin baik, semakin sempurna dan visi-misi di masa kepemimpinan kami dapat diwujudkan,” ujarnya.(Ks12)

Editor : Tedjo