Walikota Batam, HM Rudi sat memberikan sambutan

Batam, Keprisatu.com –  Wali Kota Batam Muhammad Rudi menghadiri pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batam pada Pemilihan Serentak tahun 2024 di Haris Hotel Batamcenter, Rabu (4/1/2023) pagi.

Adapun total anggota PPK se-Kota Batam yang dilantik berjumlah 60 orang anggota. Pelantikan ini merujuk pada keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Nomor 20 tahun 2022.

Sebagai kepala daerah, Rudi berharap seluruh PPK yang dilantik dapat menjalankan amanah sesuai dengan tugas yang diembannya sebaik mungkin.

Peserta pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batam pada Pemilihan Serentak tahun 2024 di Haris Hotel Batamcenter, Rabu (4/1/2023) pagi.

“Pemilu berkualitas salah satunya ada di tangan bapak ibu. Jika Pemilu berjalan lancar, Batam akan aman dan semakin baik,” ujarnya.

Menurutnya, jika penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik. Tentu saja demokratisasi akan melahirkan para pemimpin yang juga berkualitas baik di legislatif maupun eksekutif.

“Laksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Sebagian anggota PPK yang mengikuti pelantikan PPK se Kota Batam

Pemimpin yang berkualitas sebagai hasil penyelenggaraan pemilu yang berkualitas tentu saja berkaitan erat dengan keberlanjutan pembangunan daerah.

Seperti contoh, di Batam pembangunan kini masif dilakukan. Pada kesempatan ini, Rudi bahkan memaparkan sejumlah lompatan pembangunan dari berbagai sektor. Seperti infrastruktur yang terdiri dari pelabuhan, pengembangan jalan hingga bandara.

“Mari membangun daerah yang kita cintai ini,” ajaknya.

 

Ketua KPU Kota Batam Minta PPK Koordinasi dengan Stakeholder

Ketua KPU Kota Batam Martius menyampaikan selamat kepada PPK yang dilantik. Ia mengimbau PPK lekas berkoordinasi dengan seluruh stakeholder guna menyukseskan berbagai tahapan pemilu.

“Saya harap mulai bergegas, siapkan rencana dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder. Kita butuh kerjasama dengan seluruh stakeholder,” kata Martius.

Anggota KPU Kepri Widiyono Agung Sulistiyo menyebutkan, Batam ini demikian istimewa. Untuk itu, penyelenggara pemilu juga harus istimewa.

Anggapan ini ia dasarkan kepada kualitas pemilih, kemudian kuantitas pemilu yang banyak juga kerap peserta pemilunya juga banyak.

Komisioner KPU Kota Batam, Willy S ( tengah berdasi) dan Ketua PPK Kecamatan Lubuk Salman Ahmad (paling kanan)

“Kini Batam memiliki 60 pasukan, teman-teman PPK ini merupakan bagian dari KPU dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas juga kuantitas yang baik dalam segi keterlibatan pemilih,” imbuhnya.

Selain menyatakan sumpah, seluruh anggota PPK yang hadir menandatangani pakta integritas. Untuk menjalankan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto