Para wasit yang ikuti pelatihan di bawah PBVSI

Batam, Keprisatu.com – Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Kepri menggelar pelatihan kepada para wasit tingkat nasional.

Sebanyak 24 orang wasit bola Voli dari seluruh Kabupaten dan Kota di Kepulauan Riau mengikuti pelatihan itu.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri Muhammad Ikhsan berlangsung selam 5 hari, mulai 6-11 Juni 2022, di Hotel Daviena, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Ketua PBVSI Provinsi Kepri, Ririn Warsiti mengatakan, setelah beberapa tahun vakum, PBVSI dengan kepengurusan yang baru ini akan berusaha bekerja dengan profesional dengan tujuan memajukan olahraga bola voli khususnya di Provinsi Kepri.

“Kita saling support dan bergandengan tangan, seluruh kabupaten/kota di provinsi Kepri, karena ini lah tumpuan utama keberhasilan PBVSI Kepri,” ucap Ririn Warsiti saat acara pembukaan pelatihan wasit PBVSI Kepri, Senin (6/6/2022).

Ririn mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini PBVSI Kepri, yaitu kurangnya wasit yang terakreditasi dan sertifikasi setingkat nasional, dengan demikian pihaknya melakukan langkah untuk meningkatkan SDM, ada 24 orang yang akan mengikuti sertifikasi wasit setingkat nasional (sertifikat C).

“Sebelumnya kita sudah melakukan sertifikasi untuk kepelatihan, di kegiatan sertifikasi wasit ini, kita hadirkan dua narasumber dari PBVSI pusat dan dibantu dua narasumber dari Provinsi Kepri,” jelas Ririn Warsiti.

Kadispora Provinsi Kepri Muhammad Ikhsan mengatakan, diperlukan komitmen bersama agar menjadikan tenaga olahraga yang kompeten dan profesional.

Dengan adanya pelatihan wasit setingkat nasional, diharapkan para wasit bisa memimpin pertandingan dengan baik, profesional dan damai.

“Dengan mengikuti pendidikan dan sertifikasi bagi wasit pada cabang olahraga bola voli, hal ini mendukung profesionalitas pemimpin pertandingan,” ujar Muhammad Ikhsan. (KS03)

Editor : Tedjo