Ketua KPU Karimun, Rachmadi.

Keprisatu.com – Sebanyak 170.204 lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau tiba di Kabupaten Karimun, Selasa (17/11) dinihari. Ratusan ribu surat suara itu dibawa dari Tanjungpinang ke Kabupaten Karimun melalui jalur laut dengan pengawasan ketat dari petugas KPU Provinsi Kepri dan Aparat Kepolisian.

Setibanya di Karimun, surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri itu langsung dibawa ke Gudang Logistik KPU di Jalan Jendral Sudirman Poros. Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko, mengatakan surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri itu telah diserah terimakan dari KPU Provinsi ke KPU Kabupaten Karimun.

“Surat suara tersebut disimpan di gudang kita dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Selain itu, ada juga anggota KPU serta Bawaslu,” kata Eko, Selasa (17/11).

Surat suara itu tiba di Gudang Logistik KPU Karimun dengan kondisi tersegel di dalam truk kontainer. Segel tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU dan Bawaslu Karimun dengan disaksikan aparat kepolisian sebelum dipindahkan ke dalam gudang.

“Kita memastikan ini tiba dengan kondisi tersegel. Jumlahnya ada sekitar 170.204 lembar,” katanya.

Ia mengatakan, selanjutnya akan dilakukan penyortiran oleh petugas yang telah ditunjuk oleh KPU Karimun untuk memastikan seluruh surat suara dalam kondisi baik. “Mungkin dalam 3 hari kedepan kita sudah mulai penyortirannya,” katanya.

Lanjut Eko, sementara surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun, hingga saat ini masih perjalanan dari Surabaya ke KPU Tanjungpinang. “Surat suara untuk pemilihan Bupati sekarang berada di Jakarta dan baru akan mau dikirim ke KPU Provinsi Kepri. Setelah disortir, nanti baru akan kirim ke Karimun,” katanya.(ks12)

Editor : Aini