Warga binaan Rutan Tg.pinang melakukan pemeriksaan HIV Aids/F-Istimewa

Tanjungpinang, Keprisatu.com – 123 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang menjalani pemeriksaan HIV,AIDS atau Voluntary Conseling Test (VCT) dan Screening Tuberkulosis (TB).

Kegiatan VCT dan screening TBC dilaksanakan di aula Rutan Tanjungpinang oleh petugas medis Rutan yang bekerja sama dengan petugas Puskesmas Kota Tanjungpinang dan Dinas Kesehatan Tanjungpinang.

“Sebanyak 123 Warga Binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang mengikuti pemeriksaan,” ujar Kepala Rutan Tanjungpinang, Eri Erawan, Senin (28/11/2022)

Eri menyampaikan, jika VCT dan screening merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada kesehatan WBP. “Alhamdulillah, kegiatan seperti ini berlangsung secara rutin per tiga bulan agar kesehatan WBP khususnya yang termasuk kelompok rentan ini dapat selalu termonitor,” kata Eri.

“Dalam kegiatan ini, petugas puskesmas melakukan pengambilan sampel darah dan sampel dahak WBP. Sesuai nomor antrean WBP, mereka didata dulu identitasnya dan diberikan konseling dan proses pengambilan sample darah, ” katanya.

“Setelah dilakukan pengecekan bersama, hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada tim medis Rutan untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

KS10