Keprisatu.com – Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merilis dua kasus baru pasien terkonfirmasi virus corona (Covid-19), Jumat, 21 Agustus 2020. Salah satunya adalah Terkonfirmasi Kasus Nomor. 437, Tn. LHH (29), laki-laki.

Tn. LHH adalah ekspatriat yang bekerja di salah satu perusahaan di Batam. Ia tinggal di sebuah hotel di kawasan Penuin, Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubukbaja.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang. Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

“Yang bersangkutan adalah WNA dari Afrika selatan yang bekerja di salah satu perusahaan di Batam datang ke Klinik Medilab Batam pada 20 Agustus untuk pemeriksaan swab/PCR secara mandiri. Hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif,” sebut Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, dalam keterangan tertulisnya.

Kasus baru lainnya adalah Terkonfirmasi Kasus Nomor. 438, Tn. AS (34), laki-laki. Karyawan swasta ini tinggal di Perumahan Permata Asri 2, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk.

Yang bersangkutan adalah pekerja di salah satu perusahaan yang berlokasi di Kawasan Batamindo Muka Kuning datang ke Laboratorium Klinik Prodia Batam pada 18 Agustus 2020 melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri. Hasilnya diketahui terkonfirmasi positif.

“Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil,” sebut Rudi.

Sesuai hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru. Baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19,” sebut Rudi.

Ia mengingatkan dan mengimbau masyarakat guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran pemerintah. Yakni dengan menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup. (KS 08)