ilustrasi (int)

Keprisatu.com – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Batam per 1 September mencapai 692 orang. Angka ini menempatkan dua kecamatan dalam kondisi “hijau”, tujuh kecamatan berwarna merah, dan sisanya medah muda, dan kuning.

Dilansir dari laman lawancoronabatam.co.id , dari jumlah tersebut, berturut-turut , pasien terkonfirmasi positif Covid-19 paling banyak dirawat di RSKI Galang (166 orang pasien) , RSUD Embung Fatimah (49 orang pasien) , RS Elisabeth Lubuk Baja (23 orang pasien)  dan RS BP Batam (16 orang pasien) selebihnya dirawat di RS rujukan Covid-19 di Kota Batam .

Sedangkan dilihat dari segi usia, pasien Covid-19 didominasi tertinggi pada usia 26-23 tahun (183 orang pasien) , usia 36-45 (140 orang pasien) dan usia 17-25 tahun (113 orang pasien). Mirisnya, pasien terpapar Covid-19 juga banyak didominasi usia balita 0-5 tahun (32 orang).

Dari data harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam , terlihat bahwa paling banyak pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dilihat dari jenis pekerjaan, angka tertinggi diidap oleh karyawan swasta (131 orang pasien).

Diduga angka ini muncul lantaran tingginya tingkat frekuensi atau intensitas kontak dengan orang lain di tempat umum (tempat bekerja).

Namun yang justru tak terduga,  adalah jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di urutan kedua. Karena urutan kedua angka ini justru banyak diidap oleh ibu rumah tangga (95 orang pasien). Padahal jika dilihat dari pergerakannya, ibu rumah tangga dominan menghabiskan waktunya di rumah.

Berikutnya, jumlah  warga Kota Batam yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilihat dari jenis pekerjaannya di urutan ketiga, yang dianggap paling berpengaruh.  Betapa tidak saat ini, dengan jumlah total 91 orang, mereka semua adalah tenaga medis (Nakes) .

Para garda terdepan dalam menghadapai corona ini, diketahui sudah berhadapan dengan ratusan pasien positif corona di Batam yang jumlahnya mulai mencuat pada Minggu ketiga Maret 2020.

Tumbangnya ke 91 Nakes karena terpapar corona ini, telah membuat Pemko Batam akhirnya terpaksa menutup sementara pelayanan di 4 Pukesmas di Batam dan layanan IGD dan Poliklinik di RSUD Embung Fatimah.  Selebihnya , pasien ini berasal dari pelajar-mahasiswa, ASN, Polri, dan lainnya.

Dilihat dari asal kecamatan, dari total 692 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini didominasi pasien berasal dari Kecamatan Batam Kota (182 orang pasien), menyusul Kecamatan Sekupang (127 orang pasien) dan Kecamatan Nongsa (71) disusul kecamatan lain. Sedangkan sampai hari ini (2 September 2020) , Kecamatan Galang masih berada di zona hijau dengan jumlah total nol kasus.

Dengan sebaran jumlah total pasien corona di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam, update sampai Rabu (2/9/2020) , terlihat pada peta situasi terkini positif Covid-19 masih dalam perawatan, didominasi warna merah dengan keterangan total pasien corona berada di lebih dari 21 kasus, merah muda  (11-20 ), kuning (1-10) dan hijau (0).

Kecamatan Galang dan Belakang Padang, sampai hari ini menjadi daerah hijau diantara 10 kecamatan lainnya yang masih berwarna kuning, merah muda dan merah. (ks03)