HM Rudi, Walikota Batam

Keprisatu.com – Pemerintah Kota Batam merencanakan melakukan tes antigen massal kepada warganya. Hal ini dilakukan agar menekan penyebaran Covid-19 di Kota Batam.

“Kita sudah habis-habisan, permasalahan ini harus selesai dan kita semua butuh kerjasamanya,” kata Walikota Batam Muhammad Rudi, kemarin saat rapat koordinasi dengan Forkompinda, Perbankan, Kecamatan, Rumah Sakit dan Pengusaha di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Rudi mengatakan, pengetesan rapid tes antigen massal ini akan dilakukan per Kecamatan. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja masyarakat yang sudah terinfeksi virus Corona dan akan dilakukan isolasi ditempat yang sudah ditentukan.

“Nanti kita akan lakukan di Kecamatan yang zona merahnya sudah pekat. Disana nanti tes antigen massal ini dilakukan mulai di perumahan, kalau ada warga yang positif Covid-19 kita akan pisahkan dari yang sehat,” ucapnya.

Rudi menuturkan, bagi kepala keluarga yang positif Covid-19, maka pemerintah berkewajiban memberikan bantuan kepada keluarga yang ditinggalkan selama karantina.

“Kita pisahkan mana yang sehat dan mana yang sakit. Kita sebagai pemerintah, wajib memberikan bantuan kepada keluarganya selama dikarantina,” ungkapnya.

Terkait anggaran yang akan digunakan dalam operasi antigen massal. Kata Rudi, akan berkerja sama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Saya juga kepala BP Batam, maka anggaran kita lihat dulu nanti, kalau bisa BP semua yang tanggung kalau tidak bisa bagi dua dengan pemko,” kata Rudi.(KS10).

Editor : Tedjo

x