ilustrasi corona

Keprisatu.com – Naik turunnya jumlah kasus baru Covid-19 di Kota Batam mengalami Fluktuasi . Namun entah naik atau turunnya jumlah kasus baru ini, faktanya saat ini , kumulatif warga Batam yang terpapar Corona mencapai 2020 Kamis (15/10/2020).

Angka kumulatif ini  berasal dari penambahan kasus baru sebanyak 50 orang sehari sebelumnya. Demikian data yang dirilis dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per-14 Oktober 2020.

Terhitunng dalam waktu hanya 4 minggu terakhir, tercatat ada  1.029 kasus baru. “Warga Batam sudah mulai kendor dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar dr Didi Kusmarjadi SpOG, Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam.

Tentu saja jumlah peningkatan kasus baru yang mencapai 1000 lebih ini  menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya dari awal kasus Covid-19 pada bulan Maret lalu.

Peningkatan kasus Covid-19 di Batam ini, terjadi karena proses tracing (penelusuruan kontak) dilakukan secara besar besaran. Artinya  menunjukkan kinerja tim gugus tugas dalam melacak pasien positif lebih intens.

Menurutnya saat ini harus diupayakan  masyarakat agar lebih disiplin lagi dalam menjalankan  protokol kesehatan. Kasus Covid-19 yang meningkat tersebut salah satunya disumbangkan dari klaster karyawan swasta atau buruh di kawasan Muka Kuning.

“Kami berharap, agar warga lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan,” kata Didi. (ks03)