Keprisatu.com – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mendatangi warga Pulau Panjang dan Kerdau untuk menyosialisasikan pemekaran dua desa itu menjadi kecamatan. Pemkab Natuna sudah mengusulkan pemekaran dua kecamatan itu ke Pemprov Kepri.

“Pulau Panjang dan Kerdau itu adalah dua desa yang sudah direkomendasikan kepada gubernur menjadi kecamatan baru di Natuna. Saya turun ke dua daerah tersebut untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Ngesti, Jumat (21/8/2020).

Menurut Ngesti, rekomendasi gubernur untuk pemekaran dua kecamatan tersebut sudah turun. Hanya saja perlu ditindaklanjuti dengan beberapa tahapan. Salah satunya adalah pemerintah daerah harus membuat ranperda tentang pemekaran.

“Ranperda itu sudah dibuat oleh bagian hukum dan tata pemerintahan (tapem) untuk diserahkan ke DPRD. Barang (ranperda) ini sudah di DPRD, sudah ditindaklanjuti untuk pembahasan dan pengesahan,” katanya.

Wabup Ngesti berharap pada tahun 2020 ini ranperda tersebut sudah disahkan DPRD. Sehingga pada 2021 bisa ditindaklanjuti ke Kementerian Dalam Negeri.

“Saya juga minta kepada tapem ini harus selesai sebelum bulan Mei (2021). Karena bulan Mei saya sudah habis jabatannya bersama Pak Hamid Rizal. Jadi harus cepat diselesaikan untuk mendapatkan kode wilayah dari Mendagri,” katanya. (KS 07)

Editor : zaki