Keprisatu.com – Wakil Bupati Lingga M. Nizar didampingi Camat Selayar Muhammad Saman harus melewati jalan berlumpur untuk bisa berkunjung ke rumah warga terdampak luapan air, Jumat (26/6/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Luapan air itu disebabkan oleh bekas pengoperasian PT Pasir di Kampung Teluk Mengkerang, Desa Pantai Harapan, Kecamatan Selayar.

Dengan susah payah Wabup Nizar beserta rombongan sampai ke rumah tersebut. Mereka terpaksa berjalan di atas lumpur yang ada di sekeliling rumah Yahya. Usai melakukan kunjungan, Wabup Nizar beserta rombongan menunaikan salat Jumat berjamaah di Masjid Nurussholat, Kampung Teluk Mengkerang.

Nizar menjelaskan, Bupati Lingga telah menutup pengoperasian dua perusahaan tambang pasir, yakni PT Dabo Bangun Sukses (DBS) dan Deva Panjang Jaya (DVJ). Penutupan itu sudah disampaikan kepada Plt Gubernur Kepri. Plt Gubernur Kepri kemudian memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepri dan pihak terkait untuk turun meninjau lansung lokasi.

“Dan Untuk yang hari ini terjadi, saya berharap Pak Camat dan Satpol PP, Babinsa, Babinkamtibmas/Kapolsubsektor Untuk dapat mengawasi agar rumah saudara kita ini jangan diapa-apakan dulu. Agar pihak Pemprov Kepri tahu dampak yang diakibatkan dari perizinan yang dikeluarkan oleh provinsi,” katanya.

“Seperti yang kita lihat hari ini, kita turun untuk mencari solusi untuk orang tua kita atau saudara kita yang sangat memperihatinkan akibat limbah tersebut. Dan kita akan menunggu hari Senin ini Dinas Provinsi dan perusahaan untuk dapat menyelesaikan apakah itu nanti ganti rugi kepada warga,” jelas Wabup. (AD)

Editor : zaki