Keprisatu.com – Pemerintah Kabupaten Karimun mulai mendistribusikan ribuan vial vaksin Covid-19 ke 12 Kecamatan wialayah Kabupaten Karimun, Rabu (27/1/2021).

Pendistribusian vaksin dilakukan dengan penjagaan ketat aparat TNI- Polri dengan menggunakan kapal milik Pemerintah Kabupaten Karimun.

Nantinya, vaksin yang telah didistribusikan itu akan disimpan di tempat penyimpanan yang aman di Puskesmas. Proses vaksinasi rencananya akan dilakukan serentak pada 30 Januari mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi mengatakan, pendistribusian vaksin dilakukan secara bertahap untuk wilayah Kabupaten Karimun.

Menurutnya, untuk pendistribusian pada Rabu (27/1/2021) difokuskan ke wilayah pulau- pulau sekitar Karimun. Sementara untuk Pulau Karimun, akan dilakukan pada Kamis (28/1/2021).

“Pendistribusian bertahap, hari ini ke pulau- pulau, aementara untuk di Karimun akan dilakukan pada Kamis besok,” katanya.

Rachmadi mengatakan, untuk penyuntikan perdana vaksin Covid-19 direnakan di RSUD Muhammad Sani yang akan diikuti sejumlah Forkopinda Kabupaten Karimun dan jajaran pejabat Karimun.

“Nanti Sabtu akan kita usahakan siaran langsung di facebook. Pelaksanaannya dipusatkan di ruang ICU RSUD Muhammad Sani,” katanya.

“Untuk pesertanya pejabat Karimun, pejabat Forkopinda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perhimpunan perawat, Bidan serta orang-orang yang memiliki pengaruh di Karimun,” katanya.

Sementara itu, Camat Belat, Aribowo Hadibroto yang dikonfirmasi mengatakan bahwa, ada sebanyak 100 vial vaksin yang dikirim ke sana.

“Iya, hari ini sudah dikirim ke Kecamatan Belat. Untuk tahap awal ini ada 100 vial vaksin,” kata Bowo, Rabu (27/1/2021).

Disebutkan Bowo, 100 vial vaksin yang dikirim tersebut akan dibarikan untuk 50 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kecamatan Belat.

“Tahap awal ini, diperuntukan untuk tenaga kesehatan dulu, ada sebanyak 50 di Belat,” ujar Bowo.

Ia mengatakan, pihaknya masih menunggu waktu pelaksanaan atau penyuntikan. Bowo belum bisa menyebutkan kapan, karena masih menunggu arahan dari Pemerintah Daerah.

“Kalau waktunya kapan, kita menunggu komando dari atasan, mungkin setelah penyuntikan perdana di tingkat Kabupaten dalam waktu dekat ini,” kata Camat Bowo.

Untuk terjaganya keamanan 100 vial Vaksin Covid-19 di Kecamatan Belat, akan disimpat di tempat khusus di Puskesma Belat.(KS12)

Editor : Tedjo