Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati.

Keprisatu.com – Satu orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Priyo Handoko, dinyatakan Covid-19. Alhasil, KPU Kepri akan melaksanakan tes swab secara massal untuk seluruh komisioner, pegawai sekretariat, hingga petugas kebersihan kantor.

Ketua KPU Kepri, Sriwati, yang dikonfirmasi mengenai anggotanya yang terkonfirmasi Covid-19 menjelaskan bahwa pihaknya memperoleh kabar tersebut dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Senin (2/11) sore. Ia juga mendapatkan informasi terkait satu orang komisioner lainnya, yakni Parlindungan Sihombing yang juga dikarantina usai melakukan kontak erat dengan Priyo.

“Kami mendapatkan informasi hari ini dari Dinkes Provinsi Kepri, bahwasanya ada satu orang komisioner yang dinyatakan positif Covid-19 dan satu komisioner lainnya juga dikarantina,” ujar Sriwati.

Sriwati menjelaskan, usai mendapatkan informasi terkait kondisi Priyo yang dinyatakan Covid-19, pihaknya langsung menggelar rapat internal. Alhasil diputuskan bahwa seluruh komisioner dan pegawai hingga pekerja harian diharuskan menjalani tes swab. “Besok, kita semua, satu kantor akan diswab. Swabnya jam 08.00 pagi di Rumah Sakit Angkatan Laut. Nanti hasilnya akan langsung kami sampaikan ke media. Kami akan terbuka terkait hsilnya besok seperti apa,” kata Sriwati lagi.

Menurut Sriwati, seluruh komisioner, pegawai dan pekerja harian yang akan menjalani swab berjumlah lebih kurang 47 orang. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya mengalami gejala, seperti demam. “Setelah kami rapatkan, ada yang kontak erat dan ada yang bergejala juga, akhirnya saya putuskan, kita satu kantor, semuanya swab aja. Ini bentuk antisipasi juga kan. Pokoknya, apapun yang disarankan oleh gugus tugas, kita ikuti,” kata Sriwati.

Mengenai hasil swab besok, Sriwati mengatakan bahwa KPU Kepri akan menyampaikan hasil pemeriksaan swab tersebut secara tertulis ke KPU RI. Hal ini harus dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh mengingat pelaksanaan Pilkada sudah semakin dekat.

“Bagaimanapun hasilnya besok, akan kami sampaikan secara tertulis ke KPU RI. Karena bagaimanapun KPU RI itu atasan langsung kami, kan. Kami akan menyurati KPU RI nanti. Besok kita lihat dulu hasilnya seperti apa. Nanti saya akan sampaikan juga ke medi,” ujar Sriwati.(aini)