Kepala Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Keprisatu.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Kepualauan Riau (Kepri) mencatat jumlah pasien terkonfirmasi positif per tanggal 17 Oktober 2020 sebanyak 2.136 orang. Jumlah ini seiring adanya penambahan kasus sebanyak 26 orang.

Dari jumlah tersebut, 1.713 orang dinyatakan sembuh, 70 orang meninggal dunia dan 363 pasien masih menjalani perawatan. Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, pasien positif Covid-19 sebanyak 27 orang terdiri dari 17 ornag laki-laki dan 10 orang perempuan.

“Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium
BTKL PP Dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil Temuan Kasus Baru Dan Hasil Tracing,” kata Didi, Minggu (18/10).

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 didominasi oleh karyawan swasta. Selain itu, terdapat juga ibu rumah tangga, Aparat Sipil Negara (ASN) dan juga guru. Keluhan yang didapati beraneka ragam, mulai dari hilangnya indra pencium hingga memeriksakan diri untuk keperluan pekerjaan.

“Mereka semua dirawat di RSKI Galang, ada juga di RSUD Embung Fatimah, RS BP Batam dan rumah sakit swasta lainnya,” ujarnya.

Sementara untuk 10 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Kata Didi, sebagian besar pasien yang sembuh ini merupakan pekerja swasta, ibu rumah tangga, tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

“Pasien yang sembuh ini juga sudah diperiksa beberapa kali. Hasil mereka keluar dari laboratorium BTKLPP Batam,” ujarnya.

Didi meminta kepada seluruh masyarakat Batam agar patuh terhdap protokol kesehatan. Hal ini karena adanya peningkatan jumlah kasus baru sehubungan penurunan tingkat kedisiplinan masyarkat.

“Kita harus disiplin patuhi protokol kesehatan, selalu pakai masker kalau keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun atau pakai hansinetizer, jaga jarak dan hindari kerumunan,” ujarnya.(ks10)