Evakuasi pasien dari Natuna ke Batam oleh personel Angkatan Udara

Keprisatu.com – Lui Eng seorang wanita (57) asal Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna tiba-tiba merasakan sesak nafas yang berkelanjutan kurang lebih sudah berjalan satu bulan yang lalu.

Kemudian pihak keluarga mengambil keputusan untuk membawa Lui Eng berobat ke ibukota Kabupaten dengan tujuan tidak lain adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

Mengingat fasilitas dan tenaga medis yg kurang lengkap, dari RSUD dirujuk ke RSBP Batam. Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah gugusan kepulauan terdepan di wilayah paling Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan letak gegrafis yang jauh, membuat Kabupaten Natuna sangat minim sarana dan prasarana kesehatan maupun transportasi,” kata Kadis Ops Lanud Hang Nadim Batam Mayor Lek Wardoyo, Rabu (28/4/21).

Dari sinilah TNI AU hadir untuk rakyat, untuk masyarakat Natuna dengan menjalankan fungsi dan tugasnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui Lanud Hang Nadim, Batam.

Dengan menggunakan pesawat Hercules A-1303 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, evakuasi Liu Eng dari Natuna dapat dilakukan dan landing di Bandara Hang Nadim dengan aman dan lancar, Rabu (28/4/21).

“Personel pendukung operasi penerbangan (Dukopsbang) Lanud Hang Nadim dengan sigap dan cekatan melaksanakan proses evakuasi pasien dari pesawat Hercules menuju ke ambulance,” jelasnya.

Liu eng didiaknosa menderita kanker payudara dan harus mendapat perawatan dan tindakan mesdis dengan secepatnya. (KS14)

Editor : Tedjo)