Keprisatu.com – Hari terakhir pendaftaran, Minggu (6/9), sebanyak tiga (3) bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lingga telah mendaftar,  untuk maju dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga Tahun 2020.

Ketiganya yakni pasangan petahana Nizar-Neko, pasangan Riki Solihin dan Raja Supri serta pasangan Ishak dan Salmizi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Juliyati kepada Keprisatu.com menegaskan bahwa ketiga paslon tidak mendaftar bersamaan.

“Hari ini (Minggu, 6/9) ada pasangan Riki Solihin dan Raja Supri, lalu menyusul  pasangan Ishak dan Salmizi.  Kalau kemarin (Sabtu, 5/9) pasangan Nizar-Neko,” ujar Juliyati.

Juliyati menyebutkan, semula pada hari pertama, Jumat (4/9) pasangan calon Riki Solihin-Raja Supri telah mendatangi kantor KPU untuk mendaftar. Untuk syarat pencalonan telah lengkap dan sah. Namun ada beberapa item syarat calon ada kekurangan yang harus dikembalikan KPU.

“Sesuai prosedur harus dikembalikan dan daftar seperti awal dengan membawa ketua dan sekretaris Parpol pengusung. Jadi mereka daftar hari ini (6/9),” sebutnya.

Juliyati menerangkan, hingga hari terakhir, pendaftaran ketiga bakal paslon  berjalan lancar. Sementara untuk persyaratan, Juliati menyebutkan jika ketiganya pun telah lengkap.

“Jadi ketiganya syarat pencalonan dan calon lengkap. Keabsahannya pun sah,” paparnya.

Ia menambahkan, setelah pendaftaran selesai, pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit BP Batam pada 8 hingga 9 September 2020.

“Sedangkan untuk penetapan bakal paslon sebagai calon adalah 23 September mendatang. Untuk penetapan nomor urut calon besoknya, tepat 24 September,” pungkasnya.

Dijelaskannya, mulai ditutupnya pendaftaran calon peserta Pilkada, KPU Lingga mulai mengumumkan syarat pencalonan dan syarat calon ketiga kandidat tersebut kepada masyarakat untuk kemudian ditanggapi.

Pengumuman itu secara langsung dipublikasikan di sosial media serta situs resmi milik KPU Lingga di https://kpukablingga.wordpress.com/.

“Selama 5 hari mulai 4-8 September ada masa masyarakat untuk menanggapi syarat pencalonan kandidat. Jadi jika ada yang perlu ditanggapi oleh masyarakat bisa lewat form yang kita sediakan di situs KPU Lingga,” tutupnya. (KS06)

editor : tedjo