Pijak KJRI Johor Bahru memfasilitasi pemulangan WNI rentan dari Malaysia ke daerah asal melalui Batam, Selasa (23/6/2020).

Keprisatu.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru melakukan fungsi pelindungan dan berhasil membantu penyelesaian kasus serta memfasilitasi pemulangan 17 Warga Negara Indonesia (WNI) yang termasuk dalam kategori rentan. Tiba di Pelabuhan Fery Internasional Batam Centre, para WNI tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia.

“Pemulangan dilaksanakan pada Selasa (23/6) dari pelabuhan Stulang Laut-Johor menuju Batam Center untuk selanjutnya akan dibantu oleh pihak terkait di Indonesia untuk pemulangan ke daerah asal,” sebut KJRI Johor Bahru dalam keterangan tertulis pada Kamis (25/6/2020).

Menurut pihak KJRI, WNI yang dipulangkan itu merupakan kategori rentan. Yakni mereka yang telah lanjut usia, dalam kondisi hamil, sakit, maupun anak-anak.

Sebelum proses pemulangan, para WNI telah melalui pemeriksaan kesehatan dan tidak menunjukkan adanya gejala Covid-19. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di Malaysia.

Ke-17 WNI itu berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Di antaranya Batam-Kepulauan Riau, Sigli-Aceh, Pelalawan-Riau, Temanggung-Jawa Tengah, Bantul-Yogyakarta, Malang-Jawa Timur, Lombok-Nusa Tenggara Barat, dan Kupang-Nusa Tenggara Timur. (zak)