COVID-19
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Karimun Rachmadi. (Dok)

Keprisatu.com – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karimun terus meningkat dalam dua pekan terakhir. Hingga kini, tercatat sebanyak 32 pasien positif aktif masih menjalani perawatan.

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 pertanggal 27 April 2021, terdapat adanya penambahan 7 kasus baru Covid-19, dan 6 lainnya merupakan klaster baru dari perjalanan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karimun Rachmadi menyampaikan, sebanyak 1 Kecamatan di Karimun berstatus zona orange Covid-19, 5 Kecamatan berstatus zona kuning dan 7 kecamatan lainnya masih zona hijau.

“Satu Kecamatan zona orange, lima zona kuning dan 7 masih zona hijau. Kita minta masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan, agar tidak terjadi penyebaran lebih banyak lagi,” kata Rachmadi.

Ia mengatakan, update perkembangan terakhir, terjadi penambahan 7 pasien baru positif Covid-19. Pasien itu masih menjalani isolasi mandiri, karena terbatasnya ruangan isolasi.

“Ada 17 orang yang masih isolasi mandiri, 10 orang di RSUD Muhammad Sani dan 5 orang di puskesmas Meral Barat,” katanya.

Adapun zona orange Covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun ialah Kecamatan Meral, zona kuning Covid-19, antara lain Kecamatan Karimun, Tebing, Meral Barat, Buru dan Kundur.

Sementara kecamatan yang masih berstatus zona hijau antara lain Kundur Utara dan Kundur Barat, Belat, Moro, Durai, Ungar dan Niur Permai.

“Saya tegaskan sekali lagi masyarakat untuk tetap waspada. Ini merupakan tugas kita bersama agar tidak terus meningkat,” katanya.

“Apabila tidak ada kegiatan- kegiatan penting di luar daerah, jangan keluar dulu. Aktifitas diluar rumah, selalu gunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Mari sama- sama jaga kesehatan,” katanya.

Data dari Satuan Tugas Covid-19, jumlah pasien virus Corona di Karimun telah mencapai 477 kasus. Jumlah itu terdiri dari pasien konfirmasi tanpa gejala sebanyak 276 kasus, sedangkan pasien bergejala sebanyak 201 kasus.

Kemudian jumlah pasien sembuh corona di Karimun dari data yang terhimpun tercatat 424 kasus selama Pandemi ini terjadi. (ks12)