Ilustrasi E-KTP.

Keprisatu.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam memastikan jumlah blanko untuk pembuatan E-KTP di Batam mencukupi kebutuhan. Saat ini blanko E-KTP yang tersedia sebanyak 40 ribu blanko.

“Blanko kita aman dan masih banyak. Sampai akhir tahun masih bisa,” kata Kadisdukcapil Batam, Heryanto Joesoef, Kamis (26/11).

Kata Heryanto, Pemerintah Kota Batam kini mendapatkan predikat terbaik dari pemerintah pusat. Sebab, pencapaian untuk E-KTP saat ini sudah mencapai 107 persen dan jauh di atas rata-rata nasional.

“Makanya kita mendapatkan predikat terbaik dari pemerintah pusat. Pencapaian kita sudah melampaui target,” ucapnya.

Heryanto mengatakan selama ini Disdukcapil Kota Batam mendatangi sekolah-sekolah, terutama SMA untuk memberikan pemahaman bagi pelajar tentang E-KTP. “Pihak sekolah menghubungi Disdukcapil dan kami datang ke sekolahnya. Kalau umurnya cukup, minimal 16 tahun 11 bulan, sudah bisa buat E-KTP. Syaratnya, mereka hanya bawa Kartu Keluarga (KK) saja,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, sambungnya, dari data yang ada, Disdukcapil mencatat ada sekitar 14 ribu E-KTP yang belum diambil oleh pemiliknya. Keberadaan E-KTP tidak bertuan itu tersebar di beberapa kecamatan dan kantor Disdukcapil Batam.

“Ada 14 ribu E-KTP masih belum diambil oleh pemiliknya. Kami juga tidak tahu apa alasannya, mungkin ada yang meninggal atau pindah,” paparnya.(ks10)

Editor : Aini